sign up SIGN UP search

moms-life

Marak Gerakan FIRE, Ini 3 Tips Mencapai Kebebasan Finansial Sebelum Usia 40 Th

Mutiara Putri Rabu, 06 Oct 2021 15:51 WIB
The woman hand is putting a coin in a glass  bottle and a pile of coins on a brown wooden table,Investment business, retirement, finance and saving money for future concept. caption
Jakarta -

Masa kini banyak orang yang bekerja hanya untuk mendapatkan dana pensiun, Bunda. Bahkan ada pula komunitas yang memiliki pemikiran untuk segera mengambil pensiun.

Melansir dari laman KBBI daring, pensiun didefinisikan sebagai masa di mana seseorang sudah tak bekerja lagi karena masa tugasnya sudah selesai. Beberapa orang tak menerima tunjangan pensiun sehingga harus mempersiapkannya sendiri, namun ada pula yang masih meneruma tunjangan setiap bulan seperti ketika bekerja, misalnya saja para PNS.

Melihat dari Undang-undang No.43 Tahun 1999 Pasal 10, pensiun merupakan jaminan hari tua dan sebagai penghargaan atas jasa-jasa pegawai negeri selama bekerja di dinas pemerintah.


Bicara soal pensiun, beberapa tahun terakhir generasi milenial mulai memikirkan untuk pensiun lebih cepat sebelum memasuki usia 40 tahun. Gerakan semacam ini disebut dengan Financial Independent Reitre Early (FIRE). 

5 kebiasaan aneh orang Indonesia

Menurut seorang financial planner, Annisa Steviani, FIRE sendiri datang pada pemikiran orang-orang yang ingin cepat pensiun.

"FIRE atau Financial Independent Retire Early ini sebetulnya datang dari orang-orang yang ingin secepatnya pensiun ya. Ingin bekerja tanpa dikejar-kejar rasa 'harus'," jelas Annisa pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Annisa juga menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki pemikiran FIRE adalah orang yang kebutuhan sehari-harinya sudah tertutupi dengan pemasukan pasif, Bunda. Dengan begitu, mereka tidak memiliki beban ketika terpaksa harus keluar dari pekerjaan.

"Maunya bekerja karena untuk aktualisasi diri saja, sebetulnya uang untuk sehari-hari sudah tertutupi dari passive income," kata Annisa.

"Jadi ketika dihadapkan dengan bos atau kantor toxic, bisa resign kapan saja tanpa ada beban harus memikirkan tagihan dibayar pakai apa bulan depan," sambungnya kemudian.

Sama seperti orang yang pensiun pada umumnya, orang yang memiliki pemikiran FIRE juga memiliki target jumlah uang yang harus terkumpul, Bunda. Target ini adalah mencapai passive income untuk bisa menghidupi kehidupan sehari-hari.

"Seperti orang pensiun pada umumnya, tentu ada target. Targetnya adalah mencapai passive income yang bisa menghidupi sehari-hari," katanya.

Gerakan FIRE ini tentu berhubungan dengan kebebasan finansial, Bunda. Wanita yang akrab disapa Ica ini pun memberikan beberapa tips agar Bunda bisa mendapatkan kebebasan finansial.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video koin jadul yang dijual ratusan juta rupiah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS KEBEBASAN FINANSIAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!