sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Merawat Tanaman Hias untuk Bunda yang Baru Mulai Belajar Menanam

Tim HaiBunda Senin, 13 Sep 2021 04:00 WIB
Young woman planting flower. Ilustrasi cara merawat tanaman hias/Foto: Getty Images/agrobacter
Jakarta -

Bagi sebagian besar penggemar tanaman hias adalah hal wajib untuk menerapkan cara merawat tanaman hias yang tepat di rumah agar tanaman tidak cepat rusak. Terlebih lagi tanaman hias sering dikatakan sebagai aksesoris alami yang cocok untuk mempercantik eksterior dan interior rumah.

Meskipun tanaman hias yang dijual di pasaran terdiri dari berbagai jenis, penting sekali bagi seseorang untuk tahu tentang cara perawatan tanaman yang tepat di rumah. Terutama untuk Bunda yang baru mulai belajar menanam nih.

Perlu diingat, Bun bahwa dengan perawatan yang optimal, tanaman hias akan memiliki banyak manfaat untuk Bunda dan keluarga. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa cara mudah dalam melakukan perawatan tanaman hias sendiri di rumah;


Banner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di JakartaFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

1. Lakukan penyiraman secara rutin

Demi membuat tanaman hias tumbuh subur, ada baiknya Bunda menyiram tanaman setidaknya sehari sekali secara rutin pada pagi hari atau sore hari. Hal ini bertujuan agar tanaman tidak kekurangan sumber air yang dapat berguna untuk pertumbuhannya nanti.

2. Berikan pupuk dengan tepat

Selain menyiram secara rutin, Bunda juga perlu untuk memberikan pupuk dengan tepat. Dalam hal ini, ada baiknya Bunda memberi pupuk sesuai anjuran selama empat bulan sekali.

3. Lakukan pemangkasan daun

Tujuan dilakukan pemangkasan daun ini bertujuan untuk mengurangi penyakit pada tanaman hias di dalam pot. Adapun untuk melakukan pemangkasan daun ini, pastikan Bunda menggunakan pisau atau gunting tajam agar memperoleh potongan yang sesuai.

4. Lakukan pengendalian hama di sekitar pot

Agar tanaman hias tetap tumbuh baik sesuai yang diharapkan, ada baiknya Bunda untuk melakukan pengendalian hama di sekitar pot. Apabila pot dan tanaman sudah terjangkit hama, sebaiknya Bunda membersihkannya dengan menggunakan bahan pestisida organik yang aman bagi tanaman.

Itulah beberapa cara merawat tanaman hias yang tepat di rumah yang bisa Bunda lakukan agar tanaman tumbuh subur. Nah, jika sudah dirawat dengan indah dan cantik, banyak lho Bun manfaat yang akan dirasakan.

Manfaat tanaman hias antara lain:

  • Tanaman hias dapat membantu relaksasi seseorang sehingga energi dalam tubuh akan meningkat dan aliran oksigen menuju otak bertambah.
  • Dikatakan sebagai humidifier (membantu melembapkan udara dan mengurangi iritasi pada seseorang) secara alami.
  • Dapat menjadi inspirasi dan energi bagi seseorang di sekelilingnya.
  • Mampu membersihkan udara sehingga penghuni rumah dapat lebih sehat.
  • Dapat memberikan asupan energi dan semangat dalam diri seseorang.

Dengan segudang manfaat di atas, tidak ada salahnya untuk mulai menanam tanaman hias, Bun. Apabila Bunda ragu memilih tanaman awal yang akan dirawat, disarankan memilih tanaman yang mudah cara perawatannya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tips membersihkan tanaman hias di dalam rumah.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!