sign up SIGN UP search


moms-life

Perjuangan Yannie Kim Mengambil Hati Mertua Korea, Sempat Ribut & Tak Direstui

Annisa A   |   Haibunda Senin, 20 Sep 2021 14:20 WIB
Yannie Kim caption
Jakarta -

Menikah beda negara tak semudah yang dibayangkan. Terutama ketika harus berurusan dengan mertua yang berbeda budaya. Hal itu juga dialami oleh Ynnie Kim sebagai menantu Korea.

Wanita asal Bekasi yang kini menjadi aktris di Korea Selatan itu sempat kesulitan beradaptasi dengan sang mertua. Pernikahannya dengan pria bernama Ko Incheol sempat ditentang keras oleh mertua perempuan.

Yannie Kim bercerita, calon suaminya sampai harus keluar dari silsilah keluarga agar dapat menikahinya. Tetapi Ko Incheol tetap menikahi Yannie Kim sambil menunjukkan bahwa pilihannya tidak salah.


"Kita beda negara, suamiku satu-satunya anak laki-laki di keluarga, jadi mertua takut kalau dia tinggal di luar negeri. Mertua juga tidak setuju karena aku orang asing, takutnya tidak bisa beradaptasi di Korea dan malah menyusahkan anak mereka," tutur Yannie, dikutip dari kanal YouTube Yannie Kim.

Banner Crazy Rich LebakBanner Crazy Rich Lebak/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Keputusan Ko Incheol sudah bulat hingga ia tetap menikahi Yannie Kim di 2000 silam. Mereka menikah di Indonesia dan pindah ke Korea satu tahun kemudian.

Namun pernikahan itu terkesan seperti terpaksa, Bunda. Sebab, mertua perempuan Yannie Kim masih tidak suka dengan keputusan yang diambil oleh sang putra. Mereka setuju karena sudah 'kepepet' untuk menikahkan Ko Incheol.

"Dulu usiaku 25, dia 34. Dari situ akhirnya disetujui karena anaknya sering dijodohkan tapi tidak pernah mau. Akhirnya mertua terpaksa setuju sama pilihan anaknya ini," ungkapnya.

Setelah menikah, pemilik nama asli Yannie Mustafa itu sangat merasa kesepian. Suaminya sering pergi berdinas ke luar negeri hingga berbulan-bulan. Sedangkan di Korea, Yannie belum punya teman karena tidak pernah bergaul. Ia masih trauma karena ditentang mertua.

Tak hanya itu, mertua Yannie Kim bahkan tidak pernah mau melihat wajahnya. Ia hanya akan mengunjungi rumah sang putra ketika Yannie Kim sedang tidak berada di rumah. Mertuanya bahkan sering mengganti perabotan rumah tanpa seizin mereka.

"Aku sempat komplain sama suami. Saya bingung, ini tuh adab Korea atau memang sikap ibu kamu saja? Ternyata memang sikap Ibu. Tetapi suami selalu bilang jangan ambil negatifnya," ucap Yannie.

Yannie Kim sempat mengalami masalah sewaktu mertuanya sakit. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



SEMAKIN RIBUT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!