sign up SIGN UP search


moms-life

Ini Uang Koin Langka dengan Harga Termahal di Dunia, Terjual Rp289 M Bun

Tim HaiBunda Selasa, 21 Sep 2021 15:10 WIB
Double Eagle Gold Coin (usa) caption
Jakarta -

Nilai uang koin langka yang kian melesat menjadi daya tarik tersendiri bagi para kolektor. Tak sedikit yang menjadikannya sebagai barang investasi karena harganya melesat, Bunda.

Uang koin bernilai tinggi biasanya berasal dari uang keluaran tahun-tahun terdahulu. Meski tak lagi digunakan sebagai alat transaksi, koin tersebut memiliki nilai yang setara dengan barang antik.

Ditariknya uang dari peredaran membuat koin-koin tersebut semakin langka setiap tahunnya. Enggak heran ya Bunda, kalau harganya semakin melambung dari masa ke masa.


Tak hanya di Indonesia, keberadaan uang koin jadul menjadi incaran di seluruh dunia. Setiap negara memiliki uang koin jadul yang kini terbilang langka dan banyak dicari orang.

Banner Crazy Rich Lebak

Nilai uang koin langka biasanya bervariasi dari segi usia dan kondisi logam. Satu koin langka ada yang bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Seperti uang koin dari Amerika Serikat (AS) berikut ini.

Uang koin emas bergambar elang dari AS yang terjual di lelang ditetapkan sebagai uang koin langka dengan harga paling mahal di dunia oleh Guinness World Records. Koin keluaran 1933 silam ini terjual seharga US$18,9 juta atau setara dengan Rp269,3 miliar, Bunda.

Melansir 9News, uang koin tersebut dijual di acara lelang hanya dalam waktu satu malam. Sebelumnya, uang ini dibuka dengan harga awal kisaran US$10 juta hingga US$15 juta atau sekitar Rp142,7 miliar hingga Rp214 miliar.

Namun ternyata, uang koin itu menembus nilai lelang yang telah ditargetkan pada hari pelelangan di Sotheby's, New York, Amerika Serikat, pada 9 Juni 2021.

Koin tersebut memiliki bentuk bundar seperti pada umumnya dan terbuat dari logam emas. Koin ini memiliki dua sisi dengan gambar elang terbang di salah satu sisinya hingga disebut dengan koin Double Eagle.

Sementara di baliknya, terdapat gambar dewi Roma bernama Libertas yang menjadi lambang patung ikonik Liberty di Kota New York. Ada kisah spesial di balik koin Double Eagle yang membuat harganya melejit secara fantastis.

Pada 1933 silam, uang koin ini tadinya akan digunakan sebagai mata uang pecahan US$20 atau Rp285 ribu. Namun pada akhirnya uang ini tidak pernah dikeluarkan dari percetakan, Bunda. Baca di halaman selanjutnya, ya.

Saksikan juga video 5 uang koin jadul Indonesia yang kini bernilai fantastis:

[Gambas:Video Haibunda]

SIMPAN BANYAK SEJARAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!