sign up SIGN UP search


moms-life

Siap-siap Bun, Ini 17 Daftar Ponsel Jadul yang Tak Bisa YouTube per 27 September

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 28 Sep 2021 09:51 WIB
Asian muslim woman sitting of the sofa at home using phone and smiling. Feeling happy. Female doing communication on her smart phone, sending message or browsing online caption
Jakarta -

Perusahaan Google, pada akhir September nanti akan memblokir sejumlah ponsel Android jadul dengan versi Gingerbread. Deretan ponsel Android dengan versi tersebut tak lagi bisa menonton YouTube dan gunakan Gmail per 27 September. 

Perusahaan teknologi kini terus mengoptimasi produk mereka demi menjaga keamanan pengguna mengingat semakin maju zaman, tingkat kejahatan siber pun terus naik.

Lalu apakah masih ada yang pakai ponsel dengan versi Gingerbread?


Pastinya masih ada ya Bunda. Para penggunanya biasanya bukan tipe yang suka mengganti smartphone dalam waktu 2-3 tahun. Mereka merawat ponsel sebaik mungkin, penggunaannya hati-hati sehingga ponsel Android mereka tahan lebih dari satu dekade. Ada yang seperti ini Bunda, di keluarga?

Nah, bagi para pengguna yang masih menggunakan Android versi lama seperti Gingerbread ke bawah, per 27 September nanti hanya bisa digunakan untuk SMS, menelepon, dan hal lainnya yang tak berhubungan dengan aplikasi Google.

Mengutip The Verge, Google telah mengonfirmasi rencana untuk memblokir pengguna agar tidak masuk dengan Akun Google mereka di perangkat ini. Hal ini akan menyebabkan banyak aplikasi populer, dari Google Maps hingga YouTube, akan berhenti bekerja pada perangkat tersebut. WhatsApp sendiri sudah tidak bisa digunakan pada versi Android jadul ini tahun lalu.

Dengan keluarnya kebijakan tersebut, Bunda yang memiliki ponsel cerdas yang diberdayakan oleh Android 2.3 akan terpengaruh oleh perubahan terbaru.

Untuk Bunda ingat kembali, versi yang diluncurkan di bawah merek Gingerbread pertama kali diluncurkan Google pada Desember 2010. Alasan Google memblokir ponsel Android dengan versi itu tak lain adalah keamanan.

Google mengatakan sekarang menarik dukungan untuk platform, "Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna kami."

Banner Anak Bogor Lolos HarvardBanner Anak Bogor Lolos Harvard/ Foto: HaiBunda/Mia

Pada Februari 2017, Google menangguhkan aplikasi Google Pay agar tidak berfungsi di ponsel apa pun yang menjalankan Android 2.3. Mulai 27 September, perusahaan California itu telah mengonfirmasi rencana untuk memblokir semua pengguna agar tidak masuk dengan akun Google.

Nah, sebagai dampaknya, pada akhir bulan ini, para pengguna dengan ponsel Android Gingerbread yang mencoba masuk ke perangkat Android mereka akan menerima kesalahan nama pengguna dan kata sandi, meskipun detail yang mereka masukkan sudah benar.

Dampak lainnya, ketika pengguna mencoba menambahkan Google Kalender atau akun Gmail ke menu pengaturan perangkat juga akan memicu kesalahan yang sama. Sejumlah aplikasi populer buatan Google lainnya yang mengandalkan Akun Google, termasuk YouTube, Google Play Store, Google Maps, Gmail, Google Kalender, dan lainnya, juga akan berhenti berfungsi.

Tapi tenang, Bunda. Ada cara agar bisa tetap mengakses aplikasi Google di ponsel Android jadul. Bagaimana caranya? Simak di halaman berikutnya ya.

Simak juga rekomendasi laptop murah untuk dipakai si kecil sekolah:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA GUNAKAN APLIKASI GOOGLE DI PONSEL JADUL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!