sign up SIGN UP search


moms-life

Terbaru Nih Bun, WhatsApp Rancang Fitur Ubah Voice Note Jadi Pesan Teks

Annisa A Minggu, 19 Sep 2021 12:25 WIB
Women's hand typing on mobile smartphone, Live Chat Chatting on application Communication Digital Web and social network Concept. Work from home. caption
Jakarta -

WhatsApp semakin gencar meluncurkan fitur terbaru nih. Aplikasi besutan Brian Acton dan Jan Koum ini akan memberikan fitur baru terkait pesan suara atau voice note, Bunda.

Melansir dari Todayin24, WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp tengah melakukan pengembangan untuk pengguna ponsel dengan sistem operasi iOS. Pembaruan ini memungkinkan pengguna untuk mengubah pesan suara jadi pesan teks.

Fitur ini bekerja dengan proses transkripsi. Untuk melakukannya, WhatsApp akan menyalurkan pesan suara pengguna ke suatu server. Namun menariknya, kali ini mereka tidak akan menggunakan server WhatsApp.


Bahkan, Facebook selaku pemilik WhatsApp juga tidak terlibat dalam pengujian fitur baru tersebut. Fitur ini dibantu menggunakan teknologi Apple, Bunda.

Banner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah

Pesan suara tersebut nantinya akan disalurkan ke server Apple untuk ditranskrip menjadi teks. Fitur ini dikembangkan dengan teknologi speech recognition yang dirancang oleh pabrik pembuat iPhone.

Fitur baru ini bersifat opsional. Itu artinya, pengguna diberikan kebebasan dalam menggunakan fitur ini. Apabila pengguna ingin menggunakannya, WhatsApp akan meminta persetujuan terlebih dahulu.

Pengguna WhatsApp akan dimintai izin berbagi data dengan Apple. Hal tersebut dilakukan untuk mengakses pendeteksi suara ponsel, yang digunakan untuk merekam voice note.

Nantinya, pesan suara yang ditranskrip oleh WhatsApp akan ditampilkan dalam bentuk teks. Nah, teks tersebut juga akan disimpan secara lokal (di ponsel masing-masing pengguna) dalam database WhatsApp.

Fitur terbaru ini membuat kegiatan mengirim pesan jadi semakin cepat lewat aplikasi WhatsApp, terutama untuk kebutuhan transkripsi suara menjadi teks.

Hanya saja, belum diumumkan kapan fitur transkripsi pesan suara ini akan dirilis. Saat ini, fitur tersebut belum dibuka secara publik, melainkan hanya untuk para penguji atau developer dalam versi beta.

Namun sayangnya, fitur tersebut baru dirancang untuk ponsel iOS, Bunda. Sejauh ini, belum ada informasi apakah fitur mengubah pesan suara ke pesan teks akan diberikan untuk pengguna ponsel Android.

Meski begitu, WABetaInfo mengatakan bahwa biasanya, aplikasi WhatsApp membuat fitur yang dapat digunakan untuk kedua sistem operasi Android maupun iOS. Jadi, bisa saja nantinya fitur ini juga tersedia untuk ponsel Android. Bikin penasaran ya, Bunda?

Belum lama ini, ada juga pengembangan fitur terkait pesan suara WhatsApp. Bunda baca yuk di halaman berikutnya.

Saksikan juga video 3 aplikasi memasak yang bisa menghasilkan uang.

[Gambas:Video Haibunda]

KIRIM PESAN WHATSAPP TANPA DIKETIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!