sign up SIGN UP search


moms-life

Wanita RI Kerja Jadi Buruh Pabrik di Swedia, Gajinya Rp46 Juta per Bulan

Annisa A   |   Haibunda Senin, 04 Oct 2021 21:14 WIB
PAJAK DAN BIAYA HIDUP BESAR
Mita dan Eddie caption

Gaji besar tak membuat Mita dapat bernapas lega. Pasalnya, ia dikenakan beban pajak yang cukup besar di Swedia. Mita bercerita, pajak di Swedia bisa mencapai Rp10 juta.

"Tapi jangan salah, ada pajak di sini kita bayar mahal banget. Pajaknya sekitar 6 ribu kron atau sekitar Rp10 juta. Jadi total gajiku 22 kron atau sekitar Rp36 juta," kata Mita.

Tak hanya pajak yang besar, Mita juga dihadapkan dengan biaya hidup yang serba mahal di Swedia. Sebagai orang Indonesia, Mita tidak bisa meninggalkan nasi dan sambal sebagai makanan sehari-hari.


Akan tetapi, harga beras dan cabai di Swedia cukup mahal, Bunda. Sebaliknya, roti dan keju sangatlah murah di sana. Namun Mita mengaku tidak cocok dengan makanan itu.

"Kalau aku makan keju sama roti, cepat kaya aku guys. Tapi kurus nanti aku yang ada masuk rumah sakit, aduh enggak bisa aku. Nanti emak aku marah-marah di sini dikira tidak bahagia," ucapnya.

Bekerja sebagai buruh pabrik, Mita ternyata merasa nyaman dengan pekerjaannya itu meski dihadapkan dengan kesulitan tinggi. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

BISA KERJA KARENA SUAMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!