sign up SIGN UP search

moms-life

Selain Tak Cocok Pakai Skincare, 5 Kondisi Ini Penyebab Kulit Bunda Gatal

Mutiara Putri Jumat, 08 Oct 2021 06:30 WIB
Closeup girl is scratching her hand with nails. Reddened, inflamed body parts causes discomfort and itching. Young woman is suffering from bouts of allergies. Dermatological skin diseases concept. caption
Jakarta -

Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit yang bebas masalah, Bunda. Karena itu, biasanya para wanita akan menggunakan berbagai macam rangkaianĀ skincare untuk mengembalikan kesehatan kulit mereka.

Melansir dari laman WebMD, kulit merupakan organ tubuh paling besar, Bunda. Kulit memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari mikroba dan unsur-unsur lainnya. Kulit juga bisa membantu mengatur suhu tubuh dan memungkinkan Bunda merasakan sensasi sentuhan, panas, dan dingin.

Saat Bunda memutuskan untuk menggunakan berbagai produk skincare, ada kemungkinan Bunda merasakan berbagai efek setelah produk mengenai kulit, nih. Misalnya saja rasa gatal.


Gatal adalah sensasi yang umum dirasakan ketika Bunda pertama kali mencoba suatu produk, Bunda. Kalau merasakan hal ini, bisa jadi Bunda kurang cocok dengan kandungan yang ada di dalamnya.

Banner Pesan Novel Baswedan untuk Istri

Saat merasakan gatal pada kulit, kemungkinan Bunda akan mengalami ruam merah, nih. Nyatanya, sensasi gatal pada kulit enggak hanya disebabkan oleh salah pakai skincare, lho. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan kulit Bunda jadi gatal.

Penyebab kulit gatal selain skincare

Ada beberapa kondisi yang bisa sebabkan kulit gatal, nih. Penasaran dengan deretannya? Berikut ini Bubun bantu rangkumkan dari laman American Academy of Dermatology.

1. Kulit sangat kering

Siapa yang sangka kalau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan rasa gatal ya, Bunda? Meski begitu, kondisi ini tetap bisa disembuhkan, Bunda.

Untuk membantu menyembuhkan kulit yang terlalu kering, Bunda bisa oleskan krim atau salep saat kulit terasa sangat kering. Enggak hanya itu, luangkan juga sedikit waktu untuk memijat kulit dengan pelembap secara lembut.

Kalau kulit Bunda terus terasa kering bahkan setelah melakukan saran di atas, Bunda bisa konsultasikan pengobatan lebih lanjut ke dokter kulit, nih. Kulit yang terlalu kering mungkin disebabkan oleh kondisi medis lainnya.

2. Gigitan serangga

Gigitan serangga seperti nyamuk atau yang lainnya memang bisa menyebabkan kulit jadi gatal, ruam merah, serta bengkak atau bentol. Kalau kulit gatal disebabkan oleh gigitan serangga, gatalnya tak akan bertahan lama dan akan segera hilang, Bunda.

Untuk membuatnya rasa gatalnya lebih cepat reda, Bunda bisa pastikan sumber rasa gatal berasal dari gigitan serangga jenis apa, Bunda.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video 5 rekomendasi foundation anti-luntur untuk makeup sehari-hari:

[Gambas:Video Haibunda]

ALERGI HINGGA PENGOBATAN KANKER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!