sign up SIGN UP search


moms-life

Selain Tak Cocok Pakai Skincare, 5 Kondisi Ini Penyebab Kulit Bunda Gatal

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 08 Oct 2021 06:30 WIB
ALERGI HINGGA PENGOBATAN KANKER
Healthcare and medical concept. Female scratching the itch on her hand, cause of itching from skin diseases, dry skin, allergy, chemical, allergic to detergent or dishwashing liquid and dermatitis, insect bites, burned, drug. Health problem. caption

3. Alergi

Alergi akan sesuatu juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa kulit Bunda gatal, nih. Kulit bisa mengembangkan reaksi alergi akan suatu zat seperti nikel yang banyak ditemukan pada produk yang kerap Bunda sentuh. Kandungan nikel bisa ditemukan di ponsel, perhiasan, bingkai kacamata, dan ikat pinggang.

Enggak hanya itu, reaksiĀ alergi juga bisa terjadi setelah Bunda menggunakan berbagai produk kecantikan, nih. Misalnya saja cat kuku, minyak wangi, hingga sampo.

Untuk mengatasinya, Bunda bisa cari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan Bunda mengalami alergi. Setelahnya, Bunda bisa minta bantuan pada dokter kulit atau dokter yang lebih ahli di bidang alergi.


4. Faktor usia

Faktor usia juga bisa menyebabkan perubahan pada kulit, Bunda. Lansia yang berusia 65 tahun ke atas memiliki kulit yang lebih tipis sehingga kelembapannya juga berkurang.

Saat kelembapan dalam kulit berkurang, maka kulit akan jauh lebih kering. Karena itu, kulit jadi terasa gatal.

Kalau Bunda atau orang tua Bunda mengalami kondisi seperti ini, dokter kulit kemungkinan akan memberikan saran untuk mengaplikasikan pelembap dalam jumlah yang lebih banyak.

5. Pengobatan kanker

Gatal bisa menjadi salah satu efek samping dari penggunaan obat seperti aspirin atau pereda nyeri lainnya yang diresepkan oleh dokter, Bunda. Tak hanya itu, gatal juga bisa menjadi salah satu efek samping dari pengobatan kanker.

Untuk mengatasinya, Bunda bisa coba minta dokter meresepkan obat untuk mengurangi reaksinya. Selain itu, Bunda juga bisa membersihkan dan merawat kulit setiap hari dengan lembut menggunakan air hangat.

Bunda juga harus gunakan sabun pembersih dengan pH yang rendah. Saat menggunakan sabun pembersih, jangan lupa oleskan dengan lembut. Hindari mengusap sabun menggunakan spons atau waslap untuk menghindari iritasi kulit.

(mua/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!