sign up SIGN UP search


moms-life

Sebelum Investasi, Ini 3 Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Bun

Mutiara Putri Rabu, 13 Oct 2021 07:50 WIB
Beautiful woman with money jar. Bankruptcy concept. Ilustrasi Memulai Investasi/Foto: iStock
Jakarta -

Saat memutuskan untuk berumah tangga, Bunda harus siap dengan hal-hal tak terduga yang butuh biaya besar. Karena itu, Bunda bisa mulai melakukan investasi bahkan sebelum menikah.

Investasi adalah kegiatan yang harus direncanakan sejak muda, Bunda. Dengan berinvestasi, Bunda jadi punya tabungan lebih yang bisa digunakan untuk hal mendadak.

Mendengar kata 'investasi' membuat Bunda berpikir kegiatan ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang memiliki gaji besar, ya? Padahal, berinvestasi bisa Bunda lakukan meski memiliki gaji UMR, lho. Meski begitu, investasi bukanlah hal yang perlu Bunda jadikan prioritas utama.


Hal ini juga dijelaskan oleh seorang financial planner, Annisa Steviani, Bunda. Menurutnya, investasi bukanlah hal utama karena Bunda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah keuangan sudah aman atau belum.

Janin Menangis di Kandungan

"Gaji UMR atau gaji tidak UMR, dalam financial planning urutannya tetap sama ya. Investasi bukan prioritas utama. Cek dulu apakah cash flow aman?" katanya pada HaiBunda beberapa waktu lalu melalui pesan teks.

Annisa juga menyarankan agar Bunda memeriksa terlebih dahulu apakah kebutuhan sehari-hari dari penghasilan yang didapatkan sudah terpenuhi atau belum. Kalau dirasa belum cukup atau kurang, Bunda bisa cek pengeluaran yang jumlahnya besar.

"Bisakah memenuhi kebutuhan sehari-hari dari penghasilan yang didapat? Kalau belum bisa atau terasa kurang, cek dulu apakah pengeluaran terlalu besar dan ada yang bisa diirit?" katanya.

Kalau pengeluaran terbesar sudah diirit dan tidak ada lagi yang bisa dikurangi, itu tandanya penghasilan Bunda memang kurang. Bunda perlu mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

"Kalau sudah sangat irit dan tidak ada yang bisa dikurangi, tandanya memang penghasilannya kurang. Cari cara dulu untuk tambah penghasilan," jelas wanita yang akrab disapa Ica ini.

Selain penghasilan cukup dan mendapatkan pemasukan tambahan, Bunda juga perlu pastikan terlebih dahulu apakah dana darurat sudah terpenuhi, nih. Setelahnya, Bunda bisa lanjutkan ke level selanjutnya.

"Setelah memastikan penghasilan lebih besar dari pengeluaran dan ada sisa, baru cek ke level berikutnya, apakah punya dana darurat?" ungkap Ica.

Selain mencari penghasilan tambahan dan dana darurat, Ica juga memberikan beberapa tips lainnya nih, Bunda. Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Lihat juga video uang jadul yang dijual ratusan juta rupiah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



UTAMAKAN PROTEKSI KESEHATAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!