sign up SIGN UP search


moms-life

5 Skincare Tepat untuk Hilangkan Komedo di Hidung, Pakai Masker Charcoal Bun

Mutiara Putri Senin, 11 Oct 2021 06:30 WIB
Close up 30s woman after shower with towel on head use white cleansing nose strips deep purifying treatment to unclog pores prevent remove blackheads, leaving skin clear and smooth, skincare concept caption
Jakarta -

Kalau sudah membicarakan tentang skincare, itu artinya menyangkut seluruh bagian kulit, Bunda. Termasuk hidung.

Tak banyak masalah yang ditimbulkan oleh kulit di sekitar hidung. Namun, ada satu masalah yang bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri, nih. Misalnya saja komedo.

Melansir dari laman Medical News Today, komedo adalah kotoran kecil dan gelap yang muncul di kulit, Bunda. Komedo ini termasuk ke dalam jenis jerawat ringan namun kemunculannya dijadikan sebagai tanda jerawat lainnya.


Komedo bisa muncul karena pori-pori pada kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan zat pelindung berminyak yang biasa dikenal sebagai sebum. Saat pori-pori tersumbat, sel-sel kulit yang mati di pori-pori akan terbuka dan bereaksi dengan oksigen sehingga berubah menjadi hitam.

Banyak yang salah mengartikan bahwa komedo adalah kotoran yang terperangkap, Bunda. Padahal, komedo sama sekali tidak berkaitan dengan kebersihan kulit.

Janin Menangis di Kandungan

Tips skincare untuk hilangkan komedo

Bunda termasuk orang yang bermasalah dengan komedo di bagian hidung? Jangan khawatir ya, Bunda. Ada beberapa tips skincare yang dijamin ampuh hilangkan komedo Bunda, nih. Berikut ini deretannya mengutip dari laman Healthline.

1. Bersihkan wajah setelah olahraga

Rutin membersihkan wajah tak hanya bisa mengatasi masalah jerawat Bunda, lho. Nyatanya, rajin membersihkan wajah juga bisa menghilangkan komedo pada hidung Bunda.

Sebaiknya bersihkan wajah Bunda di pagi hari untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin menempel pada wajah di malam hari. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan sarung bantal ya, Bunda.

Sesaat setelah berolahraga, sebaiknya Bunda juga bersihkan wajah untuk menghilangkan minyak dan kotoran, nih. Kalau Bunda kesulitan mendapat akses menuju wastafel, membersihkan wajah menggunakan lap juga bisa membantu.

Pastikan Bunda mencuci wajah segera setelah berolahraga, ya. Jangan biarkan keringat kering di wajah.

2. Coba strip pori

Zaman sekarang sudah banyak cara untuk mengatasi komedo berlebih pada hidung, Bunda. Salah satunya adalah dengan menggunakan strip pori yang ditempelkan di hidung.

Produk ini untuk sementara bisa menghilangkan kotoran yang membentuk komedo, Bunda. Namun, produk ini tak bisa digunakan agar komedo tak datang kembali.

Terlalu sering menggunakan strip pori akan membuat pori-pori jadi tampak lebih kecil. Namun, kalau terlalu sering memakainya, kulit Bunda bisa iritasi dan mengalami kekeringan karena strip pori berpotensi menghilangkan minyak alami pada kulit.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, lihat juga video basic skincare untuk wajah sehat dan terawat berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SUNSCREEN HINGGA MASKER CHARCOAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!