sign up SIGN UP search


moms-life

Kerja di Pabrik Swedia Digaji Rp46 Juta, Begini Sisi Lain yang Perlu Diketahui

Asri Ediyati Sabtu, 09 Oct 2021 16:33 WIB
Mita dan Eddie caption
Jakarta -

Bekerja di Swedia menjadi hal yang belum pernah terbayangkan oleh Mita sebelumnya. Mita, wanita asal Banyuwangi, Jawa Timur kini hidup bahagia di Swedia bersama suami bule di Swedia. Mita menikah dengan bule Swedia bernama Eddie pada 17 April 2017.

Empat tahun menetap di Swedia, Mita sempat menghabiskan waktu sebagai Bunda rumah tangga. Selama empat tahun itu pula, ia bolak-balik ke Tanah Air. Akan tetapi, Mita akhirnya mulai mantap menetap di Swedia.

Mita sekarang bekerja demi menambah pendapatan di Swedia, yaitu sebagai buruh pabrik. Ia ditawari untuk bekerja di pabrik tempat suaminya menjabat sebagai team leader, Bunda. Gajinya pun ternyata fantastis.


"Ini kerjanya tuh bukan kerja kayak kantoran, aku memang buruh pabrik. Itu gajinya 28 ribu krona tiap bulan. Bayangkan itu kayak sekitar Rp46 juta," ujarnya di kanal YouTube Family Indonesia, Sweden.

Meski bergaji besar, tak lantas membuat Mita bisa menikmati seluruh penghasilannya. Pasalnya, ia dikenakan beban pajak yang cukup besar di Swedia. Mita bercerita, pajak di Swedia bisa mencapai Rp10 juta.

Janin Menangis di Kandungan

"Tapi jangan salah, ada pajak di sini kita bayar mahal banget. Pajaknya sekitar 6 ribu kron atau sekitar Rp10 juta. Jadi total gajiku 22 kron atau sekitar Rp36 juta," kata Mita.

Tak hanya pajak yang besar, Mita juga dihadapkan dengan biaya hidup yang serba mahal di Swedia. Sebagai orang Indonesia, Mita tidak bisa meninggalkan nasi dan sambal sebagai makanan sehari-hari.

Akan tetapi, harga beras dan cabai di Swedia cukup mahal, Bunda. Sebaliknya, roti dan keju sangatlah murah di sana. Namun Mita mengaku tidak cocok dengan makanan itu. Mita takut disangka tak bahagia oleh keluarga di Tanah Air hanya karena kurus dan tak cocok dengan makanan bule.

"Kalau aku makan keju sama roti, cepat kaya aku guys. Tapi kurus nanti aku yang ada masuk rumah sakit, aduh enggak bisa aku. Nanti emak aku marah-marah di sini dikira tidak bahagia," ucapnya.

Bekerja sebagai buruh pabrik, perjalanan Mita mendapat pekerjaan di sana ternyata cukup sulit. Bahkan, ia sampai mengalami keguguran. Baca ceritanya di halaman berikut.

Simak juga cerita pria Bali dapat pekerjaan dengan gaji fantastis usai ikut istri ke Kanada:

[Gambas:Video Haibunda]



MITA SEMPAT KEGUGURAN SAAT BEKERJA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!