sign up SIGN UP search


moms-life

Bantuan Kuota Internet 7-15 GB dari Kemdikbud Cair Hari Ini, Simak Caranya Bun

Annisa A Senin, 11 Oct 2021 16:25 WIB
Young Asian female freelancer using her laptop and working at home, Small business female owner or Start up small business entrepreneur working online marketing packaging box delivery caption
Jakarta -

Bunda, sudah tahu belum nih kalau pemerintah melanjutkan bantuan kuota internet untuk guru dan siswa hingga akhir tahun. Bantuan yang semula berakhir pada Mei lalu ini kembali diperpanjang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Bantuan kuota internet gratis ini akan disalurkan kepada 38,1 juta orang yang terdiri dari tenaga pendidik seperti guru dan dosen, hingga pelajar sekolah dan mahasiswa.

Kuota internet gratis bagi para siswa, mahasiswa, guru, dan dosen diberikan langsung kepada nomor telepon mereka yang sudah terdaftar di dalam sistem data pokok pendidikan atau Dapodik.


Bantuan sosial dari pemerintah ini akan diproses sejak tanggal 11 hingga 15 di setiap bulannya, Bunda. Kuota internet gratis rencananya akan diberikan hingga November 2021.

Baim Wong Adzankan Anak KeduaBaim Wong Adzankan Anak Kedua/ Foto: Mia Kurnia Sari

Pemerintah menyalurkan bantuan berupa kuota internet gratis dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang masih dilakukan di masa pandemi COVID-19. Beberapa siswa dan mahasiswa masih melakukan sekolah online bersama guru serta dosen dari rumah.

Kuota internet gratis periode September-November 2021 ini dibagi ke dalam empat besaran. Peserta didik jenjang PAUD akan mendapatkan kuota sebesar 7 GB per bulan. Sementara untuk siswa SD-SMP akan mendapatkan 10 GB per bulan.

Pelajar SMA dan guru PAUD hingga SMA diberi jatah kuota 12 GB per bulan. Sedangkan untuk dosen dan mahasiswa akan mendapatkan 15 GB per bulan. Adapun provider yang melayani bantuan kuota internet gratis dari pemerintah yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri, XL Axiata, Axis, dan Smartfren.

Kuota tersebut merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang memang dilarang oleh Kominfo, Bunda. Kuota internet gratis ini tidak bisa digunakan untuk mengakses situs yang diblokir oleh Kominfo.

Perlu diperhatikan, apabila Bunda mendapatkan jatah kuota gratis ini, sebaiknya segera digunakan ya. Peserta yang tidak menggunakan kuota bantuan sama sekali akan dihentikan dari program bansos ini pada periode bulan berikutnya.

Bunda dapat mengecek apakah sudah mendapatkan kuota internet gratis atau belum. Simak panduan di halaman berikutnya ya.

Saksikan juga video cara melihat status pesan WhatsApp tanpa mengaktifkan fitur centang biru.

[Gambas:Video Haibunda]

CEK KUOTA GRATIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!