sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Memulai Jualan Online dari Hadiati, IRT yang Punya Omzet Rp300 Juta/Bulan

Mutiara Putri Rabu, 13 Oct 2021 17:28 WIB
Riris dan Fara Riris dan Fara/Foto: Dokumentasi Pribadi Riris
Jakarta -

Salah satu cara yang banyak dilirik untuk jadi pemasukan tambahan adalah bisnis atau jualan online. Di era serba digital seperti ini, berjualan secara daring memang opsi yang menjanjikan, Bunda. Terlebih semenjak pandemi.

Terbatasnya ruang gerak publik membuat para pedagang mau tidak mau mencoba cara yang satu ini. Bahkan yang baru mau memulai pun bisa, lho.

Jenis bisnis yang bisa dilakoni juga beragam, Bunda. Caranya pun cukup mudah, salah satunya dengan memanfaatkan e-commerce. Bunda hanya tinggal membuat akun di berbagai aplikasi belanja online.


Meskipun masa pandemi kerap memberikan dampak negatif bagi kebanyakan orang, namun toko-toko online tertentu justru mendapatkan banyak keuntungan, lho.

Salah satu orang yang sukses menambah pemasukan dengan berjualan online selama masa pandemi adalah seorang ibu rumah tangga bernama Hadiati Rosyida, Bunda. Ia adalah seorang pemilik toko baju daster sekaligus toko mainan kayu untuk anak-anak.

Wanita yang akrab disapa Riris ini bersama dengan seorang temannya yang bernama Fara, mendirikan sebuah toko online bernama Fairis.id, Bunda. Toko yang menjual berbagai pakaian tidur dan mainan kayu ini sudah mereka jalankan sejak tahun 2018 lalu.

Baim Wong Adzankan Anak Kedua

Tak seperti kebanyakan toko yang terdampak COVID-19, toko milik Riris dan Fara justru mendapatkan banyak keuntungan, Bunda. Keduanya mendapatkan lebih banyak pelanggan karena kebutuhan untuk di rumah jadi bertambah.

"Awal-awal pandemi itu alhamdulillah penjualan kita masih bagus. Karena masa pandemi itu kan orang hanya di rumah saja lalu banyak yang WFH (work from home). Jadi kebutuhan mereka untuk membeli baju-baju rumah itu meningkat," katanya pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

"Yang aku jual itu kan baju tidur, baju rumah. Jadi penjualanku semakin tinggi. Peminatnya semakin banyak," sambungnya kemudian.

Meski begitu, Riris mengungkap bahwa tokonya ini tetap mengalami berbagai hambatan selama masa pandemi. Terlebih mengenai operasional dan proses produksi kain.

Riris juga mengungkap selama pandemi berbagai acara dan pameran yang kerap diadakan pun harus terlewati karena keadaan yang tidak memungkinkan. Karena itu, Riris dan tim harus bisa menemukan cara agar pembeli tetap berdatang.

"Tidak bisa mengikuti pameran jika ada event-event dan tidak bisa memberikan promo-promo untuk yang datang ke toko offline karena takut mengundang kerumunan," kata Bunda dua anak yang memiliki omzet penjualan hingga Rp300 juta per bulan ini.

Bunda ingin coba mulai bisnis secara online? Sebelumnya, simak beberapa tips yang diberikan oleh Riris, yuk.

Klik baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, lihat juga video kabar terbaru Diana Pungky berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!