sign up SIGN UP search


moms-life

Pakai Bra Bisa Picu Kanker Payudara? Cek Faktanya Bun

Annisa A Rabu, 13 Oct 2021 16:05 WIB
Drawers filled with sexy lace lingerie. Textile, Underwear. caption
Jakarta -

Tanggal 13 Oktober diperingati sebagai No Bra Day atau Hari Tanpa Bra. Momentum ini merupakan salah satu upaya edukasi mengenai kanker payudara, Bunda.

No Bra Day bukan berarti setiap perempuan tidak memakai bra pada hari tersebut. Perayaan ini merupakan pengingat tentang bahaya kanker payudara yang mengintai perempuan.

Meski begitu, kanker payudara masih sering dikaitkan dengan kanker payudara. Bra kerap disebut-sebut berisiko memicu penyakit kanker payudara. Namun apakah hal ini terbukti benar?


Beberapa perempuan merasa lebih nyaman beraktivitas tanpa mengenakan bra. Banyak orang melakukannya pada saat di rumah, termasuk ketika WFH. Namun sebaliknya, ada pula yang terbiasa memakai bra sehingga aneh ketika tidak mengenakan pakaian dalam itu.

Banner Pekerjaan Paling Dicari di Jerman

Dua kebiasaan ini akhirnya menimbulkan perdebatan, Bunda. Ada yang menyebut bra baik untuk kesehatan, ada juga yang menyebutnya sebagai penyebab kanker payudara.

Padahal, pemakaian bra tidak terbukti meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara lho. Hal itu dipaparkan oleh spesialis kesehatan payudara Cassann Blake, MD.

"Dari sudut pandang kanker payudara, mengenakan bra tidak mempengaruhi risiko kanker payudara. Saya pernah ditanya apakah bra berkawat dapat mempengaruhi risiko kanker payudara seseorang dan ternyata tidak," tutur Blake, dikutip dari Cleveland Clinic.

Beberapa wanita mengatakan bahwa merasa tidak nyaman saat memakai bra. Cassann Blake menjelaskan, hal itu terjadi karena wanita memakai bra dengan ukuran yang salah.

Bra berjenis underwire dapat menyebabkan sensasi tidak nyaman apabila digunakan dengan tidak tepat. Pasalnya, kawat yang berada di lokasi tidak tepat bisa terasa menyakitkan pada kulit di sekitar payudara.

Bra memang tidak menyebabkan risiko penyakit kanker payudara, namun ada risiko sakit punggung yang bisa dialami perempuan. Hal ini disebabkan karena wanita memakai bra terlalu lama padahal ukurannya sudah tidak pas. Ganti bra sesuai dengan ukuran tubuh dan payudara Bunda.

Selain itu, Cassann Blake juga mengatakan pentingnya memakai bra yang disesuaikan dengan aktivitas Bunda nih.

"Beli bra yang tepat untuk aktivitas yang Anda lakukan. Anda mungkin tidak ingin mengenakan bra olahraga dengan banyak penyangga saat menonton TV. Tetapi jika Anda sedang jogging, pakai bra dengan penyangga yang lebih baik, terutama jika Anda memakai ukuran cup yang lebih besar," paparnya.

Lantas, haruskah memakai bra atau tidak memakai bra pada No Bra Day? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Saksikan juga video tips mencegah kanker payudara berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!