sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Skincare untuk Kulit Eksim, Jaga Kelembapan dan Hindari Pemicu

Bella Barliana Jumat, 15 Oct 2021 06:30 WIB
Beauty concept of young asian woman. caption

Dilansir dari Byrdie, eksim adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan dermatitis atopik, salah satu jenis eksim yang paling umum. Biasanya, kondisi kulit eksim bisa kambuh ketika Bunda terpapar kondisi lingkungan yang tidak sehat.

Masalah kulit ini ditandai dengan kulit kering, bercak bersisik, gatal, dan luka. Alergi makanan juga merupakan kondisi yang bisa memperburuk eksim. Lantas apabila punya masalah eksim, boleh kah tetap menggunakan skincare?

Jawabannya boleh, Bunda. Merawat kulit dengan produk yang tepat dapat membantu meminimalisir keparahan jika suatu saat eksim kambuh. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kelembapan. Makanya, memilih produk skincare dan menerapkan perawatan yang tepat untuk kulit eksim amat penting. Seperti apa, ya?


Dilansir dari Healthline, berikut adalah tips untuk Bunda yang akan melakukan rutinitas skincare untuk kulit eksim. Simak selengkapnya di sini, yuk.

1. Hindari mandi dengan air panas atau hangat

Mandi dengan air hangat mungkin terasa nyaman dalam beberapa kondisi. Namun, jika Bunda memiliki kondisi kulit eksim ada baiknya jika menghindari mandi dengan air panas atau hangat terlalu sering.

Banner Pekerjaan Paling Dicari di Jerman

Air dengan suhu panas atau hangat akan membuat kulit Bunda kehilangan kelembapannya. Selain itu, Bunda juga perlu hindari menggosok atau menggunakan sabun yang keras pada kulit.

Waktu mandi juga penting untuk diperhatikan lho, Bunda. Di tahun 2018, ternyata para peneliti merekomendasikan mandi setiap hari yang berlangsung selama 5 sampai 10 menit.

2. Gunakan pelembap

Setelah mandi, langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah membiasakan untuk menggunakan pelembab kulit. National Eczema Association menyarankan agar Bunda mengoleskan pelembap dalam waktu 3 menit setelah selesai mandi.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penguapan air pada kulit yang bisa membuat kulit mengering. Oleh karena itu, memberikan pelembap pada kulit akan berperan dalam mengunci kelembapan kulit Bunda. 

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda

Cek video berikut untuk tahu bahan-bahan skincare yang bisa bikin kulit awet muda:

[Gambas:Video Haibunda]



HINDARI HAL INI UNTUK MENCEGAH MASALAH KULIT EKSIM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!