sign up SIGN UP search


moms-life

Indonesia Masuk Kategori Level 1 COVID-19, Simak Perubahan Aturannya Bun

Annisa A   |   Haibunda Selasa, 02 Nov 2021 21:24 WIB
Asian child girl wearing protection mask looking outside through the window and stay at home quarantine from the coronavirus Covid-19 and air pollution pm2.5. caption
Jakarta -

Tren COVID-19 di Indonesia terus menunjukkan penurunan. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menurunkan level COVID-19 di Indonesia baru-baru ini.

Indonesia saat ini menjadi negara dengan tingkat pengendalian pandemi yang baik, Bunda. Bahkan menurut lembaga Amerika Serikat itu, Indonesia memasuki kategori level 1.

Selain Indonesia, kategori level 1 juga ditempati oleh sejumlah negara lain. Beberapa negara tersebut di antaranya yaitu Kuwait, Bhutan, Taiwan, Selandia Baru, dan Hong Kong.


Untuk Bunda ketahui, level penularan COVID-19 ini digunakan sebagai tolak ukur keparahan pandemi. Tujuan lainnya yaitu memperingatkan wisatawan tentang ancaman kesehatan di seluruh dunia, Bunda.

Banner Pasutri PekalonganBanner Pasutri Pekalongan/ Foto: HaiBunda/Mia

Dengan memahami level penularan COVID-19 di suatu negara, wisatawan bisa mengetahui ancaman kesehatan di wilayah tersebut dan mendapatkan saran tentang bagaimana caranya melindungi diri selama berpergian di tengah pandemi.

Beberapa negara kini terpantau sudah melonggarkan aturan perjalanan untuk warga negara Indonesia (WNI). Masyarakat yang telah vaksin dan memenuhi syarat yang berlaku sudah bisa berkunjung ke luar negeri.

Tak hanya itu, peraturan serupa juga berlaku untuk warga negara asing (WNA). Indonesia kini sudah memperbolehkan sejumlah WNA untuk berkunjung ke Tanah Air. Beberapa kunjungan tersebut datang dari Amerika Serikat, Thailand, dan Australia.

Dalam beberapa pekan terakhir, Indonesia memang menunjukkan adanya perbaikan dalam hal perkembangan COVID-19. Saat ini sudah banyak wilayah yang mulai turun ke level 1 PPKM. Daerah tersebut dinilai memiliki angka penularan COVID-19 yang rendah dan terkendali.

Meski begitu, bukan berarti Bunda bisa beraktivitas seenaknya di luar rumah. Tetap ada protokol kesehatan yang harus diikuti, ya.

Saat ini pemerintah juga telah menerapkan pemakaian aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat mengakses fasilitas umum. Program vaksinasi kini juga masih dijalankan untuk seluruh lapisan masyarakat.

Masyarakat harus tetap waspada. Pasalnya, masih ada ancaman mutasi baru dari Coronavirus. Kali ini varian Delta bermutasi menjadi varian baru bernama AY.4.2. Saat ini peneliti masih melanjutkan studi untuk mengetahui karakteristik khusus varian tersebut.

Enggak cuma itu, Bunda. Peneliti juga memprediksi adanya ancaman gelombang ketiga di Tanah Air pada akhir tahun. Satgas IDI Prof Zubairi Djoerban punya pesan khusus untuk Bunda terkait pandemi COVID-19 yang belum benar-benar usai.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, saksikan juga video tentang ancaman COVID-19 varian Mu.

[Gambas:Video Haibunda]

(anm)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!