sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Membuat Es Krim dengan 7 Bahan Sederhana, Bebas Pilih Topping

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 11 Nov 2021 08:31 WIB
Ilustrasi es krim caption
Jakarta -

Cara membuat es krim sederhana tidak sesulit yang Bunda kira lho. Pasalnya ada cara membuat es krim yang bisa Bunda praktekkan langsung di rumah. Bahkan caranya juga tidak ribet dan hanya menggunakan tujuh bahan sederhana saja.

Bahan-bahan ini busa Bunda dapatkan di warung terdekat atau mini market. Lebih menyenangkan lagi jika Bunda membuat es krim ini bersama Si Kecil karena akan jadi ajang bonding time bersamanya.

Perlu Bunda ketahui juga bahwa bahan-bahan ini digunakan sesuai dengan takaran yang dibutuhkan. Jika memang dirasa ada yang kurang atau lebih, silakan dikondisikan saja ya, Bun.


Banner Manfaat Air MawarFoto: HaiBunda/Mia

Nah, langsung saja ya Bun resep dan cara membuat es krim yang bisa Bunda lakukan di antaranya:

Bahan untuk membuat es krim

  • 100 gram susu putih bubuk
  • 80 gram SKM atau susu kental manis putih
  • 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan air hangat sekitar 100ml
  • 9 sdm untuk gula pasir atau sesuaikan dengan takaran manis Anda
  • 1/2sdt garam
  • 1 sdm SP
  • 500 ml air putih matang

Cara Membuat Es Krim Sederhana

Setelah Bunda menyiapkan beberapa bahan tersebut, selanjutnya adalah cara membuat es krim sederhana. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Bunda bisa siapkan panci. Kemudian masukkan bahan mulai dari air, gula pasir, susu putih bubuk, dan garam. Semuanya masuk dalam satu panci dan aduk dengan rata.
  2. Selanjutnya jika sudah rata, maka Bunda bisa menyalakan api, lalu masak hingga mendidih. Pastikan Bunda terus mengaduknya hingga mendidih. Jika sudah mendidih Bunda bisa mematikan apinya.
  3. Langkah selanjutnya, Bunda bisa menuangkan larutan dari maizena lalu aduk rata. Setelah rata maka Bunda bisa diamkan adonan ini hingga dingin
  4. Jika sudah terasa agak dingin, maka bisa dipindahkan ke wadah untuk penyimpanan.
  5. Selanjutnya Bunda bisa simpan di freezer hingga membeku
  6. Setelah beku, Bunda bisa mengeluarkan es krim dari freezer. Selanjutnya hancurkan es krim di dalam baskom. Lalu Anda bisa menambahkan SP dan kocok atau bisa juga mixer atau blender dengan kecepatan yang tinggi hingga adonan ini mengembang tiga kali lipat dari sebelumnya.
  7. Selanjutnya, jika sudah mengembang Bunda bisa menuangkan es krim ke dalam wadah baru untuk penyimpanan es krim. Simpan dalam freezer hingga sampai es membeku kembali
  8. Jika sudah membeku, Bunda bisa menyajikan es krim enak ini.

Sangat mudah bukan untuk cara membuat es krim di rumah? Untuk menambah keseruan es krim ini, Bunda bisa menambahkan topping seperti choco chips, cokelat bulat berwarna, mesis, atau bahkan kental manis. Coba juga ajak Si Kecil memutuskan topping mana yang dipilih untuk es krim hasil jerih payahnya ini. Selamat mencoba ya, Bun. (PK)

Simak juga video berikut mengenai resep mozarella stick yang bisa menjadi menu camilan di rumah. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!