sign up SIGN UP search

moms-life

4 Tahap Pertumbuhan dalam Pernikahan, Kapan Suami Mulai Merasa Jenuh?

Mutiara Putri Minggu, 21 Nov 2021 14:05 WIB
Happy cute couple in love lying on the bed. Ilustrasi Tahap Pernikahan/Foto: Getty Images/iStockphoto/kiattisakch
Jakarta -

Pernikahan mungkin merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan dalam hidup, Bunda. Selama masa pernikahan, Bunda bisa mengenal lebih dekat sifat dan karakter yang dimiliki oleh pasangan.

Bunda mungkin sudah menjalani masa pernikahan selama bertahun-tahun. Selama itu, pernahkah Bunda merasa jenuh atau bosan dengan pasangan?

Menurut seorang Psikolog Klinis, Mahesti Pertiwi, M.Psi, dari RS Sari Asih Ciputat, rasa jenuh dalam kehidupan berumah tangga adalah hal yang wajar, Bunda. Level kejenuhan yang dirasakan pun tidak bisa ditentukan.


"Rasa jenuh dan bosan dalam hubungan pernikahan itu wajar. Ada titik kejenuhan, titik kebosanan, dan titik kehampaan adalah hal yang wajar," kata Mahesti dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom beberapa waktu lalu.

"Kalau secara teori, enggak ada (level jenuh dalam sebuah hubungan). Mungkin bisa ditanyakan bagaimana perasaannya. (Apakah) Jenuh sekali, atau sedang sangat jenuh, atau tidak jenuh. Nah, itu setiap orang juga berbeda perasaannya," sambungnya kemudian.

Banner pola makan rumahan

Dalam pernikahan, terdapat beberapa tahapan yang perlu Bunda lewati agar bisa tumbuh bersama, Bunda. Kalau Bunda penasaran, berikut ini tahapan-tahapannya menurut Psikolog Kilnis Mahesti Pertiwi.

1. Tahap romantis

Pada tahap ini, Bunda dan suami masih merasakan keromantisan seperti saat masih pacaran, lho. Tahap ini bisa Bunda rasakan di masa awal pernikahan.

"Jadi di (tahap) sini penuh dengan romantisme. Masih sama-sama semangat. Masih merasa dunia milik berdua. Jadi apapun selalu diusahakan yang terbaik untuk pasangan. Penuh obrolan soal mimpi-mimpi, cita-cita bersama, terus harapan ke depannya itu bagaimana," papar wanita yang akrab disapa Hesti ini.

2. Tahap settling down

Setelah melewati tahap romantisme, Bunda akan memasuki tahap settling down atau tahap di mana Bunda mulai mengetahui realita dari pernikahan. Pada tahap ini biasanya pasangan mulai merasakan bosan dan jenuh, Bunda.

"Pada tahap ini mulai menyadari pernikahan ada rasa bosan. Atau mereka merasa (menikah) hanya suatu rutinitas. Mulai menyadari kalau ternyata pasangan memiliki kelebihan dan kekurangan," jelasnya.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tahapan lainnya yuk, Bunda.

Bunda, saksikan juga video resep harmonis Ricky Soebagdja dan Cica Andjani berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TAHAP POWER STRUGGLE HINGGA DISCOVERY
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!