sign up SIGN UP search


moms-life

Mau Diet? Ikuti 7 Pola Makan Rumahan yang Bantu Bunda Cepat Turunkan Berat Badan

Arina Yulistara   |   Haibunda Selasa, 02 Nov 2021 06:30 WIB
Bingung bagaimana cara memulai diet menurunkan berat badan? Yuk simak tujuh pola makan rumahan yang bisa bantu Bunda cepat kurus. caption

Tubuh sering merasa kelelahan dan berat badan terus bertambah? Diet yuk, Bunda, agar tubuh lebih sehat. Kalau Bunda masih bingung bagaimana mengawali diet, coba ikuti dulu pola makan rumahan ini yang bisa membantu menurunkan berat badan. 

Tidak perlu langsung diet esktrem yang malah membuat Bunda stres dan tidak konsisten. Bahkan bisa berujung makan lebih banyak yang kemudian menyebabkan kelebihan berat badan.

Mulailah dengan mengatur pola makan sehari-hari terlebih dahulu. Pola makan yang teratur dan sehat tentu bisa membantu mempercepat penurunan berat badan. Ini tentu akan membuat Bunda lebih semangat menjalani diet sehat. 


Yuk simak tujuh pola makan rumahan yang bisa bantu Bunda cepat kurus. 

1. Awali hari dengan minum segelas air hangat

Mengutip dari Times of India, awali hari dengan mengonsumsi segelas air hangat. Coba mulai besok Bunda bangun pagi hari jangan mengonsumsi minuman manis seperti teh manis tapi ganti dengan segelas air putih hangat.

Hampir 75% tubuh kita mengandung air dan elektrolit. Oleh sebab itu, cara terbaik memulai hari untuk bisa diet turun berat badan yang lebih sehat dengan mengonsumsi segelas air hangat.

Minum segelas air putih pada pagi hari bisa membantu membuang racun dan memperlancar saluran pencernaan. Ini juga akan memberikan manfaat ganda, seperti membantu mengurangi lemak perut dan kulit lebih bercahaya.

2. Minum segelas air lemon

Setengah jam setelah minum air hangat, lanjutkan dengan mengonsumsi air lemon. Manfaatnya bisa membantu membakar lemak dan mengeluarkan racun dari tubuh. 

Cukup peras setengah lemon ke dalam air hangat yang akan membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh. Jika tidak suka rasanya maka bisa menambahkan satu sendok teh madu sesuai selera. Hindari menambahkan gula buatan.

3. Makan sarapan kaya nutrisi

Mengikuti pepatah ‘diet’ mengatakan, ‘sarapan seperti raja, makan malam seperti miskin’, Bunda perlu mengonsumsi sarapan kaya akan nutrisi. Jadi, jangan hindari sarapan karena mau diet ya, Bunda. 

Pilih sarapan makanan sehat seperti telur, buah-buahan, jus sayuran segar, oat meal, atau semangkok buah sehat dengan quinoa atau gandum. Pastikan mengonsumsi sarapan yang mengandung gizi empat sehat lima sempurna. 

Pakar diet Kerry Leech mengatakan, setiap orang sudah seharusnya menyempatkan makan pagi setiap hari. Kerry pun menekankan bahwa melewatkan sarapan tidak hanya merusak diet tapi juga bisa menjadi kebiasaan tak sehat karena dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan mental maupun fisik.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan cenderung tidak mengalami banyak masalah dalam menjaga berat badan jika dibandingkan dengan yang melewatkan makan pagi.

"Banyak orang menganggap penurunan berat badan akan terbantu jika tidak sarapan. Asupan energi memang akan berkurang, tapi sebenarnya makan mereka akan lebih banyak saat siang atau sore," ujar Kerry seperti dikutip dari ABC Australia.

Wah, menurut Yulia Baltschun diet enggak ribet, lho. Simak tipsnya di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



HINDARI MINUMAN BOBA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!