sign up SIGN UP search


moms-life

7 Penyebab Wanita Sulit Orgasme: Kurang Minum Air Putih Hingga Jarang Olahraga

Kinan   |   Haibunda Senin, 15 Nov 2021 21:45 WIB
Happy asian elder senior couple washing dishes in sink at home in kitchen at home. caption

Dibandingkan pria, wanita diketahui lebih sulit mencapai orgasme. Apa sih sebenarnya yang termasuk faktor penyebab wanita sulit orgasme?

Dilansir Psychology Today, sekitar 25 persen wanita mengalami kesulitan mencapai orgasme atau bahkan belum pernah mengalaminya. Peneliti lain juga menemukan bahwa kebanyakan wanita tidak secara rutin mengalami orgasme saat berhubungan seksual.

Ada sejumlah faktor fisiologis yang dapat menghambat hasrat seksual wanita dan kemampuannya untuk mencapai klimaks: ketidakseimbangan hormon, testosteron rendah, obat-obatan seperti anti-depresan, dan bahkan masalah anatomi.


Selain itu, ada beberapa faktor pendukung lain yang juga bisa menjadi penyebab wanita sulit orgasme. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Terlalu cemas 

Kecemasan dapat memicu pikiran yang berlebihan, sehingga berpotensi membuat wanita sulit untuk orgasme. Sebuah survei dari Valparaiso University, Indiana, menunjukkan bahwa lebih dari setengah responden mengaku sulit orgasme karena kecemasan, baik karena performa seks, kondisi pasangan, hingga hal-hal lainnya.

Banner Ricky Soebagdja dan istri

2. Hormon oksitosin terlalu rendah

Oksitosin dikenal juga sebagai love hormone alias hormon cinta dan keintiman. Pelepasan hormon ini umumnya berkaitan dengan kedekatan pada pasangan, termasuk saat berhubungan seks dan orgasme.

"Jika tubuh tidak cukup memproduksi oksitosin, klimaks pun  jadi lebih sulit didapat," ujar terapis pernikahan dan seks, Ph.D., dikutip dari Woman's Day.

Stres bisa menjadi alasan utama rendahnya produksi oksitosin. Tetapi menghabiskan lebih banyak waktu dengan suami, termasuk saling menatap mata, berpegangan tangan, dan memeluk telah terbukti meningkatkan produksi hormon tersebut.

3. Kurang minum air putih

Mencukupi kebutuhan minum air putih setiap hari tak hanya dapat mencegah masalah kesehatan sehari-hari seperti sembelit, tapi juga dapat membantu Bunda mencapai klimaks.

4. Takut mengekspresikan diri

Menjadi lebih ekspresif saat berhubungan seks terbukti memberikan keajaiban bagi wanita, karena memberi peluang untuk orgasme lebih lama dan teratur. Demikian disampaikan oleh pakar relationship, Laurel House.

Cobalah sesekali menjadi lebih ekspresif saat berhubungan seks. Tapi jika tak nyaman mengekspresikan diri secara demikian, tingkatkan sensorik Bunda.

"Rasakan sentuhan kulit yang terjadi, misalnya. Ini akan membantu memaksimalkan sensasi yang ada," imbuh House.

Simak ulasan lengkap di halaman selanjutnya, yuk!

Takut performa seks menurun? Kalau begitu, hindari kebiasaan buruk ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



KURANG PERCAYA DIRI, MINIM LUBRIKASI, HINGGA JARANG OLAHRAGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!