sign up SIGN UP search

moms-life

8 Jenis Tanaman Monstera Terpopuler, Sudah Punya yang Mana Bun?

Bella Barliana Senin, 22 Nov 2021 04:00 WIB
Modern composition of home garden. Foto: iStock

Bunda, siapa yang tidak mengenal Monstera? Tanaman ini sangat popular semenjak pandemi dan orang-orang berbondong-bondong mengoleksi tanaman hias.

Dilansir dari The Joy of Plants, Monstera adalah anggota keluarga Arum. Jenis monstera ini dapat ditemukan di Panama dan Meksiko selatan. Monstera juga menempelkan diri pada batang pohon, batu atau tanah dengan akar udara yang ada di hutan-hutan Asia Tenggara. 

Salah satu ciri khas dari jenis tanaman ini adalah daunnya yang berukuran besar dan berbentuk bulat. Daun berlubang yang dimiliki monstera juga menjadi daya tarik dan memiliki nilai seninya tersendiri. Warna hijau klasik dilengkapi dengan sedikit warna putih menambah keunikan dari jenis tanaman monstera, Bunda.


Biasanya, tanaman ini digunakan sebagai pembatas ruangan atau dekorasi di sudut-sudut rumah. Wah, menarik ya, Bunda? Jika ingin memilikinya, Bunda perlu tahu beberapa jenis tanaman monstera yang paling populer, sehingga Bunda bisa menentukan pilihan terbaik untuk menghiasi rumah.

Dilansir dari Indoor Garden Nook, berikut adalah jenis tanaman monstera yang paling populer dan bisa tumbuh di dalam ruangan. Simak selengkapnya di sini, Bunda.

1. Monstera adansonii

Jenis tanaman monstera yang pertama adalah Monstera adansonii. Tanaman jenis ini juga sering disebut sebagai tanaman Keju Swiss. Adansonii hadir dengan warna daun hijau tua, berukuran raksasa dan berlubang. 

Daunnya berbentuk hati, ada yang agak bulat, dan ada yang lebih sempit. Hal ini tergantung pada kondisi keseluruhan di mana tanaman itu disimpan. Monstera adansonii adalah jenis tanaman merambat yang selalu hijau dan tergantung pada spesiesnya. Tanaman ini dapat tumbuh di hingga ketinggian 15-20 meter, lho.

2. Monstera deliciosa

Sama seperti kebanyakan jenis monstera lainnya, Monstera deliciosa memiliki daun yang tidak biasa dan berlubang, yang menjadikannya salah satu alasan mengapa tanaman ini sangat terkenal.

Jenis Deliciosa banyak ditemukan di daerah tropis. Daunnya berbentuk hati, berwarna hijau tua, serta tumbuh tanpa lubang dan lobus ketika masih muda. Di dalam ruangan biasanya tanaman ini dapat tumbuh hingga dua atau tiga meter, tergantung pada kondisi keseluruhan. Nah, jika Bunda menanamnya di luar, ukuran tanaman ini bisa tumbuh sangat tinggi.

3. Monstera borsigniana

Saat berusia muda, jenis tanaman yang satu ini mirip dengan Monstera deliciosa, tetapi ada perbedaannya. Tanaman jenis ini tidak memiliki tonjolan di tempat daun menempel pada batang.

Selain itu, dari cara pertumbuhannya, monstera jenis ini berkembang lebih cepat, tetapi memang ukurannya yang lebih kecil. Berbeda dengan jenis Deliciosa, daun dari jenis Borsigniana akan memiliki lubang-lubang yang tersusun dalam dua baris rapi, daripada tanaman jenis Deliciosa yang tidak begitu rapi.

4. Monstera obliqua

Jenis tanaman yang satu ini mungkin terlihat mirip dengan jenis Adansonii, tetapi sebenarnya tidak sama. Obliqua memiliki daun yang tampak lebih spesifik. Jika Bunda tidak dapat membedakannya secara visual, Bunda bisa mengetahui perbedaan dari harganya. Harga dari jenis Obliqua cenderung akan lebih mahal daripada Adansonii. 

Obliqua tidak tumbuh sebesar beberapa varian lainnya, dan tumbuh sangat lambat. Jenis ini menghasilkan sekitar 30 hingga 70 daun baru dalam satu tahun atau setengah tahun.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Manfaat garam untuk merawat tanaman. Cek selengkapnya di sini:

[Gambas:Video Haibunda]



TANAMAN MONSTERA JENIS OBLIQUA HINGGA KARSTENIANUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!