sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tanaman Hias Indoor yang Wanginya Semerbak, Bye Aroma Tak Sedap

Nisa Hayyu Rahmia   |   Haibunda Jumat, 19 Nov 2021 03:00 WIB
pappermint caption

Jakarta - Tanaman hias akhir-akhir ini memang tengah naik pamor di berbagai kalangan. Selain karena hobi, tanaman hias juga memang dapat memperindah estetika rumah.

Namun, Bunda sudah tahu belum? Ada juga lho, tanaman hias indoor yang dapat menjadi pengharum ruangan karena mengeluarkan wangi tertentu. Tanaman hias tersebut juga bisa menyegarkan rumah Bunda dan meminimalisir bau-bau tak sedap.

Wah, paket lengkap banget ya, Bunda. Jika Bunda tertarik, berikut tanaman hias pengharum ruangan dikutip dari Apartment Theraphy dan Gardeners World.


1. Peppermint

Jangan salah, peppermint atau yang bernama ilmiah Mentha × piperita juga bisa ditanam di dalam rumah dan menghasilkan wangi lho, Bunda. Hanya dibutuhkan kondisi yang tepat untuk memastikan bahwa tanaman peppermint Bunda mendapatkan jumlah air dan cahaya yang diinginkan.

Untuk menanamnya, letakkan tanamannya di dalam pot dan letakkan dekat jendela yang cerah dan sirami jika tanahnya kering saat disentuh. Ketahuilah bahwa semua tanaman memiliki musim yang tidak aktif, jadi kurangi penyiraman saat daun Bunda tidak tumbuh dengan cepat.

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias Indoor

2. Gardenia (Gardenia jasminoides)

Tanaman yang satu ini disebut-sebut sebagai ratu tanaman beraroma. Namun, tanaman ini membutuhkan perawatan yang lebih nih, Bunda. Karena berasal dari daerah tropis, gardenia membutuhkan enam hingga delapan jam sinar matahari tidak langsung yang cerah untuk tumbuh.

Gardenia juga menyukai ruangan lembap yang tetap antara 55 dan 75 derajat fahrenheit. Selain itu, gardenia membutuhkan tanah asam, jadi pertahankan pH tanah di antara angka 4,5 dan 5,5.

Jangan lupa pula untuk memilih tanah yang cepat kering, sehingga akar gardenia tidak membusuk dan berubah menjadi bubur.

3. Lavender Prancis (Lavandula x intermedia 'Provence')

Selain cantik, tanaman hias Lavender Prancis juga mengeluarkan bau yang menenangkan. Tanaman berwarna ungu ini juga dapat ditanam di dalam ruangan, lho.

Bunda wajib memastikan untuk memberi ruang lavender untuk tumbuh di pot terra cotta dengan tanah berbatu yang cepat kering. Lavender Prancis juga menyukai matahari, jadi letakkan di jendela yang mendapat banyak cahaya.

4. Bunga daffodil atau narsis putih (Narcissus papyraceus)

Aroma musky dihasilkan oleh bunga yang satu ini. Bunga daffodil lebih menyukai suhu dingin sekitar 60 derajat fahrenheit dan sinar matahari tidak langsung.

Meski begitu, Bunda dapat menanamnya di air atau tanah. Begitu mekar, wangi dari bunga yang berbahasa Inggris narcissus paperwhite ini biasanya bertahan selama beberapa minggu.

Klik baca halaman selanjutnya untuk mengetahui empat tanaman hias indoor pengharum ruangan lainnya.

Pelihara tanaman ini di rumah biar udara lebih sejuk, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



TANAMAN HIAS INDOOR PENGHARUM RUANGAN: HOYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!