sign up SIGN UP search


moms-life

8 Jenis Tanaman Monstera Terpopuler, Sudah Punya yang Mana Bun?

Bella Barliana   |   Haibunda Senin, 22 Nov 2021 04:00 WIB
TANAMAN MONSTERA JENIS OBLIQUA HINGGA KARSTENIANUM
Tropical 'Monstera Deliciosa Thai Constellation' houseplant with beautiful white sprinkled varigated leaves in basket flower pot in living room with many plants in burry background caption

5. Monstera epipremnoides

Dikenal sebagai kakak laki-laki dari jenis Adansoii, tanaman jenis Epipremnoides memiliki keseluruhan bagian tanaman yang lebih besar, termasuk bagian daun. Daunnya berwarna hijau tua, tetapi masih lebih terang daripada yang terlihat pada jenis lain.

Monstera epipremnoides penuh dengan lubang-lubang kecil yang menyebar hampir ke tepi daun, sehingga memberikan tampilan yang unik dan khas. Karena termasuk yang unik, tanaman ini ternyata juga tidak mudah didapatkan, lho. Jika ingin memilikinya, Bunda perlu mengeluarkan biaya yang sedikit lebih banyak.

6. Monstera dubia

Salah satu anggota terkecil dari jenis tanaman ini adalah Monstera dubia. Jenis ini memiliki daun berbentuk hati yang indah dan begitu banyak bintik. Daunnya bisa berwarna hijau tua dan muda, tetapi juga bisa beraneka ragam.


Saat masih muda, lubang pada daun tidak terlihat, tetapi saat berkembang, ia berubah secara signifikan. Sebagian orang juga ada yang menyebut tanaman ini sebagai “tanaman sirap”. Saat berada di alam liar, daunnya terletak rata di permukaan pohon.

Jika ingin menanamnya di dalam rumah, Bunda dapat menggunakan tiang lumut untuk menyangganya.

7. Monstera punctulata

Salah satu fitur yang paling menarik dari jenis tanaman monstera ini adalah daun hijau mengkilap bertekstur lembut. Warna daun ini bervariasi dari hijau gelap ke warna yang lebih terang, yang terkadang tampak keemasan. Jenis tanaman ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan buah yang membutuhkan beberapa bulan untuk matang.

8. Monstera karstenianum

Seperti mayoritas varietas Monstera lainnya, jenis yang satu ini membutuhkan penyiraman yang sedang, cahaya terang dan tidak langsung. Pastikan jenis tanah memiliki drainase yang baik, dan pertahankan tingkat kelembapan yang lebih tinggi.

Jenis tanaman ini sering dikenal sebagai Monstera sp.Peru. Monstera karstenianum dapat diperbanyak dengan stek batang. Bunda dapat memperbanyak tanaman ini di air maupun di tanah, tetapi akarnya berkembang sedikit lebih lambat di dalam air.

Saat akar sudah terbentuk, Bunda bisa meletakkan Monstera karstenianum di pot atau keranjang gantung.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!