sign up SIGN UP search


moms-life

Pensiunan PNS Bisa Kantongi Rp1 M? Ini Penjelasannya Bun

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 19 Nov 2021 15:09 WIB
Ilustrasi uang rupiah caption
Jakarta -

Kabar terbaru bagi para pensiunan PNS. Kementerian Keuangan telah menetapkan skema pensiunan PNS yang terbaru. Nantinya, skema pay as you go akan diganti menjadi iuran pasti atau fully funded.

Perubahan skema pensiunan PNS secara iuran pasti akan mempengaruhi jumlah uang yang didapatkan. Bukan hal yang mustahil bahwa pensiunan PNS dapat mengantongi Rp1 miliar, Bunda.

Meski begitu, Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata mengatakan bahwa skema pensiunan PNS secara iuran pasti masih perlu dimatangkan.


"Skema pensiunan fully funded masih dimatangkan," ujar Isa Rachmatarwata, pada pekan lalu.

Sebelumnya, rencana perubahan skema pensiunan PNS telah menjadi pembahasan pemerintah sejak tahun 2019 lalu. Perubahan skema ini diharapkan mampu diimplementasikan pada 2020.

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias Indoor

Namun ternyata, rencana tersebut tidak bisa terlaksana karena sempat terhalang pandemi COVID-19 yang masuk ke Indonesia pada Maret 2020. Pada masa ini, masyarakat yang membutuhkan bantuan tengah menjadi fokus pemerintah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pandemi COVID-19 membuat pemerintah lebih fokus melakukan pengalihan anggaran untuk kesehatan dan bantuan sosial (bansos).

"Sebenarnya ada pada awal Januari 2020 sudah ada inisiatif mengadakan rapat di Kemenkeu, yang undang Pak Mendagri dan kami juga untuk bahas detail," kata dia.

"Ini tapi karena ada pandemi COVID-19 sehingga konsentrasi anggaran untuk infrastruktur kesehatan dan bansos, sehingga ini belum sempat dibahas tuntas," sambungnya.

Dengan adanya skema baru ini, pemerintah dapat mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Bunda.

Saat ini, APBN harus mengeluarkan anggaran sekitar Rp120 triliun setiap tahun untuk pembayaran pensiunan PNS. Pembayaran pensiunan ini setidaknya diberikan kepada Pensiunan PNS, TNI, Polri yang jumlahnya sekitar 3,1 juta orang.

Pembayaran manfaat pensiun PNS dibayarkan langsung dari APBN setelah pegawai yang bersangkutan masuk masa pensiun, Bunda.

Perubahan skema pensiunan ini juga dilakukan sebagai salah satu langkah untuk memberikan uang pensiunan yang lebih besar kepada PNS saat habis masa kerjanya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa ia telah dengan PT Taspen (Persero). Ia ingin memastikan apakah mungkin pensiunan PNS mendapatkan tunjangan hingga Rp 1 miliar. TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, saksikan juga video tentang aplikasi memasak yang bisa hasilkan uang:

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!