sign up SIGN UP search


moms-life

Waspada Bun! Dokter Sebut Penyakit Jantung Kerap Mengintai Ibu Rumah Tangga

Asri Ediyati Minggu, 21 Nov 2021 11:50 WIB
tired modern 40 years old housewife in green apron and pink rubber gloves with spray bottle of cleaning supplies, brush and yellow wipe wet cleaning floor in the modern house in sunny day. caption
Jakarta -

Salah satu faktor risiko seseorang akan mengalami penyakit jantung adalah obesitas. Bicara soal ini, Dr.dr.Antonia Anna Lukito, Sp.JP(K).,FIHA, FAPSIC, FSCAI, FAsCC, mengatakan bahwa sebagian ibu rumah tangga di Indonesia banyak yang mengalami obesitas.

Antonia menyebut, di antara ibu rumah tangga, angka kejadiannya mencapai 17-18 persen. Artinya dari 5 ibu rumah tangga, ada satu yang sudah mulai obesitas. Dan obesitas itu erat kaitannya dengan gagal jantung dengan berbagai cara, Bunda.

"Jadi waspadalah bagi para ibu rumah tangga, itu obesitasnya kejadiannya sangat tinggi."


Kenapa ibu rumah tangga yang rentan terkena obesitas, padahal punya segudang aktivitas atau pekerjaan rumah tangga 24/7? dr. Antonia mengatakan bahwa para ibu rumah tangga merupakan populasi yang vulnerable (rentan).

"Kenapa? Karena ibu-ibu tidak punya waktu untuk me time. Jadi selalu mengurusi keluarganya, dan mulai jam 5 subuh mengerjakan pekerjaan sepanjang hari," ujarnya, di acara Webinar Deteksi Dini Jantung: Apakah Mungkin?, Kamis (18/11/2021).

Banner Tren Diet Kpop

Ternyata, menurut Antonia, pekerjaan rumah tangga itu tidak memiliki nilai aerobik. Jadi misalnya, masak, cuci baju, tangannya saja yang goyang, Bunda. Kemudian setrika, duduk, kemudian tangannya saja yang goyang-goyang.

"Sapu-sapu, ngepel sekarang jarang (sudah ada robot vacuum). Ibu itu tidak memiliki waktu olahraga yang bernilai aerobik" ugkapnya.

Olahraga yang bernilai aerobik yang dimaksud, misalnya jalan 30 hingga 45 menit non stop, tidak diganggu anak, suami. Kemudian bersepeda, berenang, menurut Antonia, setiap ibu harus ada me time-nya.

Antonia kemudian memaparkan mengapa obesitas bisa membuat seseorang rentan mengalami gagal jantung. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Simak juga soal diet mediterania yang disebut mampu cegah penyakit jantung:

[Gambas:Video Haibunda]



KENAPA OBESITAS ERAT KAITANNYA DENGAN SAKIT JANTUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!