sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Menyusui dari Dokter Bagi Bunda yang Punya Penyakit Jantung

Annisa Karnesyia Senin, 04 Oct 2021 16:11 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Bunda yang lagi menyusui bisa memiliki penyakit jantung lho. Tanpa disadari, kondisi jantung yang tidak sehat bisa membatasi aktivitas Bunda dalam mengasuh Si Kecil.

Salah satu contoh penyakit jantung yang bisa dialami Bunda adalah penyakit jantung bawaan, seperti defek septum atrium. Menurut dr. Radityo Prakoso, Sp.JP(K), penyakit ini umumnya tidak bergejala, terutama pada wanita usia subur.

"Penyakit jantung bawaan insidensnya paling tinggi dibandingkan penyakit jantung lainnya. Tatalaksananya harus tepat agar penyakit ini tidak mengganggu proses menyusui," kata Radityo kepada HaiBunda, belum lama ini.


Bunda juga bisa mengalami peripartum cardiomyopathy. Penyakit jantung ini kemungkinan didapat ketika Bunda hamil karena terjadinya penurunan fungsi dari ventrikel yang memompa jantung.

Banner Pria Bali Jadi Supir di Kanada Bergaji Besar

Peripartum cardiomyopathy dapat sembuh dengan tatalaksana yang tepat. Namun, penyakit jantung ini juga dapat menetap atau memiliki sisa-sisa karena ada proses autoimun yang menyebabkan fungsi ventrikel menurun.

"Penyakit jantung ini tadinya enggak ada, tapi kemudian dia menjadi sakit jantung yang berhubungan dengan kehamilannya. Ini masih banyak yang harus diteliti lagi, tapi ini berupa penurunan fungsi dari ventrikel yang memompa jantung," ujar Radityo.

Bunda yang memiliki penyakit jantung perlu waspada saat menyusui anaknya. Radityo menjelaskan bahwa menyusui itu seperti olahraga bagi Bunda.

Meski jarang, menyusui dapat memperberat sakit jantung. Terutama bisa Bunda mengalami sesak atau laju jantung meningkat selama menyusui.

"Menyusui itu olahraga buat ibu. Jadi dilihat apakah ibu ini sesak atau tidak saat menyusui," ujar Radiryo.

"Dilihat juga laju jantungnya naik atau tidak. Itu semua harus dinilai dan dievaluasi," sambungnya.

Bunda perlu konsultasi ke dokter bila memiliki penyakit jantung saat menyusui ya. Pengobatan yang tepat dibutuhkan bagi Bunda bila diperbolehkan untuk memberikan ASI ke buah hati.

Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya.

Simak juga tips mengatur jadwal menyusui sesuai usia bayi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

YANG PERLU DIWASPADAI BUNDA SAAT MENYUSUI DAN SAKIT JANTUNG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!