sign up SIGN UP search

moms-life

6 Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman, Tak Terduga Bun

Arina Yulistara Kamis, 25 Nov 2021 03:00 WIB
lustrasi air cucian beras Foto: iStock

Jakarta - Air cucian beras mungkin biasa Bunda buang karena menganggapnya kotor. Namun ternyata air cucian beras punya banyak manfaat lho, Bunda. Termasuk untuk tanaman.

Ya, manfaat air cucian beras tidak hanya untuk kecantikan tapi juga bisa merawat tanaman. Ada sejumlah manfaat air cucian beras untuk tanaman yang mungkin tak Bunda sangka sebelumnya.

Salah satu manfaat air cucian beras untuk tanaman tentu bisa membantunya tumbuh subur. Oleh sebab itu, jangan dibuang karena bisa menuai ragam manfaat air cucian beras untuk tanaman.


Terdapat kandungan yang baik dalam air cucian beras sehingga bagus untuk tanaman. Yuk cari tahu apa saja manfaat air cucian beras untuk tanaman. Jangan langsung dibuang ya, Bunda.

1. Kaya akan nutrisi

Salah satu manfaat air cucian beras untuk tanaman adalah bisa memberikan nutrisi yang baik buat akarnya. Air cucian beras menjadi cairan yang sangat kaya nutrisi sehingga bisa menjadi pupuk untuk tanaman. 

Air beras kaya akan protein, serat, asam amino, kalsium, fosfor, zat besi, zinc, kalium, dan sejumlah besar vitamin, yang semuanya sangat bermanfaat bagi perkembangan tanaman. Manfaat air cucian beras untuk tanaman juga mengandung pupuk NPK pada tingkat yang lebih rendah.

2. Tanaman jadi tumbuh subur

Manfaat air cucian beras untuk tanaman memiliki kandungan yang bagus untuk unsur hara mikro esensial. Unsur tersebut dibutuhkan setiap tanaman agar bisa tumbuh dan sehat.

Dilansir dari The Garden Style, air cucian beras memang sangat bermanfaat untuk tanaman. Selain itu, manfaat air cucian beras bisa untuk berbagai tanaman dalam maupun luar rumah.

3. Akar tanaman menjadi lebih sehat

Senyawa organik, pati, yang terkandung dari air cucian beras bisa membuat akar lebih sehat. Pati adalah gula yang disintesis tanaman melalui fotosintesis dan disimpan ketika mereka membutuhkan nutrisi.

Jadi manfaat air cucian beras untuk tanaman bisa memberikan tanaman pasokan ekstra pati yang akan membuat segalanya lebih mudah. Mengutip dari Medical News Today, beras mengandung 75-80 persen pati. 

Air cucian beras bisa menghasilkan kurang lebih 9% pati. Pati memiliki fungsi utama untuk sel tumbuhan menyimpan energi dalam bentuk glukosa. 

Demikian pula, karbohidrat yang mengandung pati menjadi makanan bagi bakteri menguntungkan di dalam tanah. Ini akan membantu memecah bahan organik di dalam tanah menjadi unsur-unsur yang dapat diasimilasi oleh akar tanaman.

MENJAUHKAN HAMA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!