sign up SIGN UP search


moms-life

6 Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman, Tak Terduga Bun

Arina Yulistara   |   Haibunda Kamis, 25 Nov 2021 03:00 WIB
MENJAUHKAN HAMA
Manfaat air cucian beras tidak hanya untuk kecantikan tapi juga bisa merawat tanaman. Berikut manfaat tak terduga air cucian beras untuk tanaman. caption

4. Menjauhkan hama

Manfaat air cucian beras untuk tanaman lainnya bisa membantu menjauhkan hama. Tak hanya itu, air cucian beras juga akan membuat tanaman tetap kuat dan populasi bakteri tetap sehat.

Hal ini akan mendorong lingkungan tanaman yang lebih tahan terhadap hama. Belum lagi kandungan protein yang fungsional serta berguna untuk proses fotosintesis, transportasi zat hara, serta meningkatkan kekebalan terhadap mikroba patogen, seperti hama.

5. Meningkatkan produksi buah dan tanaman

Manfaat air cucian beras untuk tanaman selanjutnya bisa meningkatkan produksi buah dan tanaman. Ketika Bunda punya tanaman buah-buahan atau sayuran di pekarangan maka siram sesekali dengan air beras untuk mempercepat produksinya. 


6. Lebih aman

Penggunaan air cucian beras dianggap lebih aman dibanding memakai pupuk. Ada beberapa pupuk anorganik yang bisa menyebabkan iritasi hingga luka bakar jika terkena kulit sensitif. 

Selain lebih aman, manfaat air cucian beras untuk tanaman juga menjadi sumber pupuk yang ramah lingkungan. Mudah didapat dan tersedia di rumah. Tentu akan menghemat biaya pembelian pupuk, Bunda. 

Meski manfaat air cucian beras untuk tanaman sangat bagus namun tetap harus diperhatikan penyiramannya ya, Bunda. Penggunaan yang berlebihan juga tidak baik untuk tanaman. Siram tanaman dengan air cucian beras beberapa kali saja dalam sebulan.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!