sign up SIGN UP search

moms-life

Suami Ketahuan Selingkuh, Apakah Bisa Kembali Bersama? Ini Jawaban Psikolog

Mutiara Putri Jumat, 26 Nov 2021 16:32 WIB
Disloyal boyfriend caught by his angry girlfriend dating with another girl in a restaurant Ilustrasi Selingkuh/Foto: Istock
Jakarta -

Perselingkuhan adalah salah satu hal yang bisa merusak hubungan pernikahan, Bunda. Dengan adanya pihak yang berselingkuh, otomatis mereka telah menghilangkan rasa percaya pada pasangan lainnya.

Menurut seorang Psikolog Klinis Dewasa, Alfath Hanifah Megawati, selingkuh berarti relasi romantis yang berhubungan dengan kedekatan secara emosional maupun seksual, Bunda. Ia juga mengungkap kalau hal seseorang baru bisa dikatakan berselingkuh kalau hubungan ini dilakukan dengan orang yang bukan pasangan utamanya.

"Selingkuh adalah relasi romantis yang di dalamnya terdapat kedekatan baik itu secara emosional dan atau secara seksual, dengan seseorang yang bukan partner utamanya dia. Bukan pasangan utamanya dia. Bukan suami atau istrinya," katanya pada HaiBunda beberapa waktu lalu.


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli psikologi bernama Glass di tahun 2003 mengungkapkan bahwa ada perbedaan yang terlihat antara relasi pertemanan dan perselingkuhan, Bunda. Setidaknya ada tiga komponen yang bisa membuat seseorang dikatakan tengah berselingkuh.

Komponen yang pertama dalamĀ perselingkuhan adalah adanya rasa ketertarikan antara satu sama lain, Bunda. PsikologĀ Mega bahkan mengungkap bahwa seseorang yang merasa tertarik oleh orang lain akan mencari tahu lebih jauh tentang orang tersebut.

"Jadi (ada) keinginan untuk lebih dekat, mencari tahu apa yang ada di dalam diri seseorang," ungkap wanita yang akrab disapa Ega ini.

Selain itu, ada pula komponen keintiman, Bunda. Komponen ini adalah komponen yang terlihat ketika seseorang dekat secara emosional dan atau secara seksual.

Mega mengungkapkan bahwa komponen yang terakhir adalah kerahasiaan, Bunda. Saat suami mulai menutup-nutupi kegiatan yang ia lakukan, Bunda mulai bisa mencurigai suami, nih.

"Kalau untuk chatting sendiri, ini di lihat dahulu konteks dan isi dari chatting-nya. Kalau di-chatting-nya terdapat unsur keintiman, ketertarikan, dan apalagi kalau chatting-nya disembunyikan dari pasangan, itu bisa dikatakan cyber affair atau selingkuh secara online," jelas psikolog yang berpraktik di TigaGenerasi ini.

Banner Wanita Pontianak Nikahi Bule

Lantas masihkah bisa diterima kembali?

Saat Bunda mendapati suami tengah berselingkuh, Bunda mungkin tidak menginginkan perceraian. Karena itu, ada beberapa tips yang bisa Bunda simak untuk bisa menerima kembali suami, nih.

1. Tahu alasan menerima kembali

Saat Bunda tahu kalau suami telah membagi cintanya, akan banyak emosi-emosi yang timbul. Misalnya saja sedih, marah, dan banyak tanda tanya yang belum terjawab.

Kalau Bunda memutuskan untuk menerima kembali suami dan memberinya kesempatan kedua, Bunda perlu tahu alasan Bunda menerimanya kembali, nih. Kalau alasannya kurang tegas, bisa jadi pernikahan Bunda akan goyah.

"Istri harus tahu apa alasan menerima suami kembali. Apa alasan Bunda mau mempertahankan pernikahan ini. Ketika basisnya tidak cukup kuat, maka hati-hati. Bisa jadi ini hal yang membuat pernikahan kita goyah," ucap Mega.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, simak juga video fakta dibalik wawancara Putri Diana berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BANGUN KEMBALI KEDEKATAN DAN GAIRAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!