sign up SIGN UP search


moms-life

Suami Ketahuan Selingkuh, Apakah Bisa Kembali Bersama? Ini Jawaban Psikolog

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 26 Nov 2021 16:32 WIB
BANGUN KEMBALI KEDEKATAN DAN GAIRAH
Upset woman crying, seeing her boyfriend with other girl in park caption

2. Perjelas alasan suami berselingkuh

Salah satu hal yang perlu Bunda pastikan saat akan menerima kembali suami yang berselingkuh adalah alasan suami berselingkuh, Bunda.

"Kita perlu perjelas alasan yang membuat suami kita berselingkuh. Bukan bertanya detail tentang aktivitas apa yang mereka lakukan saat berselingkuh. Tidak akan bermanfaat. Justru yang perlu digali adalah alasannya," papar Bunda dua anak ini.

"Apakah ada ketidakpuasan, apakah ada yang kurang dari relasi ini sehingga perlu diperbaiki sehingga ketika menerima kembali pasangan kita, itu bukan tanpa upaya perbaikan," sambungnya kemudian.


3. Bangun kembali kedekatan dan gairah

Setelah Bunda melakukan hal pertama dan kedua, itu tandanya Bunda sudah siap untuk membangun kembali kedekatan dan gairah bersama suami, nih. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja seperti berdiskusi.

"Mulai dari berdiskusi ringan, membenarkan komunikasi yang salah, banyak melakukan couple time, menunjukkan kegiatan-kegiatan afeksi yang membuat kita nyaman dan tenang," kata Mega.

4. Fokuskan diri

Untuk Bunda yang menjadi korban perselingkuhan dan ingin menerima kembali suami, Bunda juga perlu fokus pada diri sendiri, nih. Jadi, apa yang Bunda pikirkan bukan hanya tentang perselingkuhan semata.

"Jadi yang dipikirkan bukan hanya tentang perselingkuhannya itu lagi. Tapi balikkan fokus kita ke apa yang bisa aku lakukan untuk diriku, pada pasanganku, dan untuk relasi ini," papar Mega.

5. Terbuka dan komitmen

Dua hal lain yang tak bisa dihilangkan dalam membangun kembali hubungan setelah perselingkuhan adalah sikap terbuka dan komitmen, Bunda. Menurut Mega, komitmen antara Bunda dan suami tentu bisa membantu penerimaan ini.

"Cobalah untuk terbuka dan yang perlu ditegaskan adalah komitmen dari suami dan komitmen dari diri kita. Bahwa ketika memutuskan untuk kembali, ini bukan main-main tapi memang ada yang perlu diperbaikin."

"Dan ketika ada hal serupa terjadi, maka akan ada konsekuensi yang akan dijalani oleh kita berdua," ucap Mega.

(mua/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!