sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Mengawinkan & Merawat Tanaman Bunga Krokot agar Mekar Maksimal

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 15 Jan 2022 03:00 WIB
Ilustrasi tanaman hias krokot Ilustrasi bunga krokot/ Foto: Getty Images/iStockphoto/brytta

Tanaman bunga krokot cukup digemari selama pandemi karena memiliki ragam warna yang cantik. Bahkan untuk dapatkan warna yang unik, Bunda juga bisa lho  mengawinkan bunga krokot.

Bunga krokot yang juga dikenal dengan nama moss rose atau portulaca merupakan tanaman hias bunga yang populer selama musim semi. Bunga krokot akan mekar dengan indah selama musim panas. 

Berasal dari Amerika Selatan, bunga krokot bisa tumbuh antara 7 sampai 22 cm. Bunga krokot juga bisa menyebar yang akan mempercantik halaman rumah Bunda.


Jika Bunda memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, berhati-hatilah memilih tempat meletakkan tanaman bunga krokot. Tanaman bunga krokot yang cantik ternyata beracun dan berbahaya bagi kucing dan anjing.

Sebagai opsi, Bunda bisa menanamnya di pot gantung. Tanaman hias bunga cantik ini bisa tumbuh subur meski tanah tempat mereka hidup cenderung buruk dan kering. Sebaliknya, bunga krokot bisa mati jika berada di tanah yang terlalu basah.

Banner Tanaman Hias dengan Hidroponik

Bagaimana cara mengawinkan tanaman bunga krokot?

Bunda tertarik mengawinkan bunga krokot untuk menghasilkan varian warna baru? Simak di bawah ini, yuk.

1. Pilih dua induk tanaman bunga krokot berwarna asli untuk dikawinkan

Melansir dari The Spruce, variasi bunga krokot yang paling umum antara lain merah muda, persik, kuning, oranye, merah, fuchsia, magenta, lavender dan ungu. Namun, hasil persilangan bisa menghasilkan warna baru yang lebih kontras, serta memiliki variasi bintik maupun garis.

Pilih dua tanaman bunga krokot yang sudah mekar sempurna dan gunakan gunting tajam untuk memotongnya kurang lebih masing-masing 10 cm atau buat setidaknya satu simpul, lalu buang daun dan bunganya. Letakkan batang tersebut di dalam wadah berisi air selama Bunda menyiapkan pot untuk menanam.

2. Siapkan pot dengan media tanam

Siapkan pot berukuran kecil. Gabungkan campuran pasir, tanah, dan lumut gambut yang lembab namun dikeringkan dengan baik, kemudian masukkan ke dalam pot. Ingat, Bunda, tanaman bunga krokot tidak menyukai tanah yang terlalu basah, ya.

3. Tanam di dalam pot

Tanam batang tanaman bunga krokot yang telah dibuat simpul tadi ke dalam pot, lalu benamkan sampai sekitar 7 cm ke dalam tanah. Setelah tertanam sempurna, tutupi bagian atas pot dengan kantong plastik ya untuk mengunci kelembapan.

Untuk cara mengawinkan bunga krokot selanjutnya, lanjut baca halaman berikutnya, ya, Bunda!

Cek di sini Bunda, jenis-jenis tanaman hias bunga Bougenville yang bisa percantik pekarangan rumah:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MERAWAT TANAMAN BUNGA KROKOT AGAR MEKAR MAKSIMAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!