sign up SIGN UP search


moms-life

6 Tanaman Hias Penyejuk Udara dan Paling Banyak Hasilkan Oksigen

Ummu Kultsum Roihaanah   |   Haibunda Kamis, 13 Jan 2022 11:57 WIB
Indoor Golden pothos houseplant next to a watering can in a beautifully designed home interior. caption
Jakarta -

Udara sejuk di rumah tentu menjadi nilai plus yang bikin kita semakin betah, ya. Salah satu cara untuk membuat udara terasa lebih sejuk di rumah adalah dengan mengandalkan tanaman hias.

Tak sekadar mempermanis ruangan, tanaman hias juga memiliki manfaat yang baik dalam hal sirkulasi udara. Ada beberapa jenis tanaman hias yang diketahui dapat membuat udara di rumah terasa lebih sejuk. Tanaman hias jenis ini biasanya memiliki bentuk daun yang lebar, Bunda.

Karena bentuk daunnya yang lebar tersebut, tanaman hias ini mampu menyerap banyak karbon dioksida dan mengolahnya menjadi O2 atau oksigen. Sehingga kondisi inilah, tanaman hias mampu membuat lingkungan sekitarnya terasa lebih sejuk.


Bunda bisa menempatkan tanaman hias penghasil oksigen ini di ruangan keluarga hingga bagian luar rumah. Melalui tanaman-tanaman ini, keluarga kita bisa terhindar dari paparan polusi udara yang mengganggu kesehatan.

Banner Tanaman Hias dengan HidroponikBanner Tanaman Hias dengan Hidroponik/ Foto: HaiBunda/Mia

Lalu apa saja ya jenis tanaman hias yang bisa membuat udara di rumah terasa sejuk? Dirangkum dari The Spruce, berikut 6 jenis tanaman hias penghasil oksigen terbanyak yang mampu membuat udara di rumah terasa sejuk:

1. Golden pothos

Golden pothos atau Epipremnum aureum merupakan tanaman hias yang memiliki daun berbentuk hati yang lembut. 

Tanaman hias merambat dan gantung bertingkat ini mampu memberikan kelembapan udara dengan sangat ideal. Tidak hanya itu, golden pothos dianggap mampu menghilangkan polutan dalam ruangan, seperti benzena, xilen, formaldehida, dan karbon monoksida.

Menariknya lagi, tanaman hias pothos ini juga sangat mudah dirawat lho, Bunda. Bahkan meski jarang disiram, golden pothos masih bisa bertahan dengan baik.

2. Lidah mertua

Tanaman hias lidah mertua atau snake plant memiliki bentuk daun yang lebar dan panjang seperti pedang. Daun tersebut menawarkan kualitas udara yang sejuk dan mampu menjadi pelindung saat dimasukkan ke dalam rumah. 

Selain itu, tanaman hias lidah mertua juga melakukan pelepasan oksigen pada malam hari, sehingga tanaman hias satu ini sangat cocok untuk diletakkan di kamar tidur karena dapat memberikan keamanan sekaligus membersihkan udara.

3. Ficus

Daun yang rimbun menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh tanaman hias ficus. Tanaman hias ficus juga dikenal efektif untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. 

Tetapi jika Bunda tertarik untuk memelihara tanaman hias satu ini, Bunda harus bersiap untuk melakukan perawatan sebaik mungkin. Sebab, tanaman hias picus membutuhkan paparan cahaya dan penyiraman teratur.

Cek jenis tanaman hias lain di halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga info tanaman hias pembersih udara di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

LILY, SPIDER PLANT, DAN ZZ PLANT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!