sign up SIGN UP search


moms-life

Hindari Bun! Ini 5 Makanan yang Bisa Lemahkan Ingatan dan Fokus

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 07 Dec 2021 16:47 WIB
Ilustrasi senam otak caption
Jakarta -

Kecerdasan didapat karena seseorang terus belajar dengan tekun, Bunda. Tak hanya itu, biasanya orang yang cerdas juga mudah menghapal dan pandai mengingat sesuatu.

Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi ingatan seseorang, lho. Misalnya saja asupan atau makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Mengonsumsi makanan yang sehat bisa memperkuat ingatan seseorang, Bunda. Karena itu, asupan harian sangat berpengaruh kepada daya ingat seseorang.


Seorang pakar otak dan psikiater nutrisi asal Harvard Medical School, Uma Naidoo, mempelajari tentang bagaimana bakteri dalam usus bisa mempengaruhi proses metabolisme dan inflamasi dalam otak, Bunda. Hal ini akan menyebabkan gangguan fokus dan memori.

Karena itu, Naidoo menyarankan sejumlah makanan yang baiknya dihindari untuk menjaga kesehatan, ketajaman, serta membantu proses membuat keputusan pada otak.

Makanan yang bisa melemahkan ingatan

Kira-kira apa saja makanan yang dimaksud, ya? Berikut ini penjabarannya yang dikutip dari laman CNBC Make It.

1. Gula tambahan

Otak membutuhkan glukosa, Bunda. Nantinya, glukosa akan dimanfaatkan untuk aktivitas sel dalam otak. Meski begitu, pola makan tinggi gula justru bisa menimbulkan timbunan gula berlebih pada otak.

Menurut Naidoo, hal ini bisa mengganggu elastisitas hippocampus, Bunda. Ini merupakan bagian di dalam otak yang berkaitan dengan memori.

Banner Pria Aceh dan Istri Turki

2. Makanan yang digoreng

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan kalau mengonsumsi banyak makanan yang digoreng bisa menyebabkan hal buruk pada pembuluh darah yang menyuplai otak dengan darah, Bunda. Penelitian ini juga menyebut kalau seseorang memiliki pola makan tinggi gorengan, mereka cenderung mengalami depresi.

Naidoo mengungkapkan, Bunda bisa mengubah kebiasaan mengonsumsi gorengan ini secara bertahap. Kalau Bunda setiap hari mengonsumsi makanan yang digoreng, coba untuk kurangi menjadi sekali dalam seminggu.

3. Glikemik tinggi karbohidrat

Makanan yang termasuk jenis glikemik tinggi karbohidrat adalah kentang, roti putih, dan nasi putih, Bunda. Para peneliti menemukan kalau orang yang hobi mengonsumsi karbohidrat berkualitas seperti gandum utuh akan terhindar dari depresi.

Tak hanya gandum utuh, ada beberapa makanan lain yang direkomendasikan, nih. Misalnya saja wortel mentah, sayuran hijau, buah-buahan, dan sebagainya.

Kira-kira makanan apa lagi yang perlu Bunda hindari agar ingatan tidak melemah, ya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!