sign up SIGN UP search


moms-life

Keren Bun, Wirausaha Perempuan di Indonesia Capai 21 Persen

Annisa Afani   |   Haibunda Kamis, 16 Dec 2021 18:25 WIB
CARA MEMULAI BISNIS ONLINE
Young Asian female freelancer using her laptop and working at home, Small business female owner or Start up small business entrepreneur working online marketing packaging box delivery caption

Dalam kesempatan terpisah pebisnis online, Yustesia Nurcahyaningrum atau akrab disapa Tessa, pemilik Toko Bella Spina, yang menjual beragam pot tanaman hias membagikan beberapa tips untuk Bunda yang ingin memulai bisnis online.

1. Konsisten

Tessa mengatakan jika ingin memulai bisnis online yang penting diingat adalah konsisten.

"Benar-benar harus dipersiapkan kalau usahanya benar-benar mau dibilang bisnis," kata Tessa kepada HaiBunda melalui sambungan telepon, Kamis (12/11/2020).


Tessa mencontohkan, misalnya kita ada niat untuk berbisnis, lalu melihat sesuatu yang menarik dan mengatakan bahwa kita bisa melakukannya karena hal itu mudah. Kita hanya membayangkan cara berjualannya, namun tidak memperhatikan step by step sesungguhnya. Maka bisnis tersebut akan sulit berjalan.

"Sebetulnya berbisnis itu tidak semudah itu, kalau memang benar mau ditekuni, bisa menjanjikan, bisa dijadikan uang jajan tambahan, semuanya harus diperhatikan detail," tuturnya.

2. Terus belajar

Tessa juga menyebut saat memulai bisnis kita harus terus belajar, jangan ragu mencari ilmu. Serta gali berbagai informasi terkait bisnis, entah itu dari artikel atau bahkan ikut webinar.

"Itu sangat baik dilakukan, jadi upgrade ilmu seperti apa sih sekarang yang disenangi customer dan pasar," ucapnya.

3. Jujur

Jujur juga merupakan poin penting dalam membangun bisnis. Jujur ini juga berkaitan dengan kepercayaan konsumen kepada kita.

"Kalau usaha dimulai dengan baik, jujur, bersih, pasti akan diberikan jalan yang baik oleh di atas," kata Tessa.

4. Membuat karya sendiri

Tessa menyayangkan banyak yang memulai bisnis dengan mencontek karya orang lain. Hal tersebut sebenarnya bisa jadi batu sandung untuk si pemilik usaha, karena ke depannya mereka akan kesulitan jika harus berinovasi sendiri.

"Mental yang seperti itu sebaiknya tidak ada, jadi ketika memulai bisnis, berdiri di kaki sendiri, berkarya sendiri, istilahnya pede aja, bahwa karya kalian itu sangat baik dan bisa diterima masyarakat. Daripada bagus tapi ternyata nyontek orang lain," katanya.

5. Ingat keluarga

Yang terakhir dan juga tidak kalah penting adalah tentang manajemen waktu untuk keluarga, Bunda. Tessa menyarankan, sesibuk apapun menjalankan sebuah usaha, sebaiknya keluarga tetap didahulukan.

"Terlalu excited memulai bisnis jadi terlalu fokus ke situ, keluarga lupa, jangan sampai seperti itu," ujarnya.

(AFN/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!