sign up SIGN UP search

moms-life

5 Tips Kelola Keuangan saat Gaji Lebih Besar dari Suami, Alokasikan Dana Darurat

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 19:11 WIB
ALOKASI DANA DARURAT HINGGA INVESTASI
Ilustrasi keuangan keluarga caption

3. Alokasikan dana darurat

Menurut Putri, kalau Bunda memiliki pendapatan yang lebih besar dari suami, Bunda bisa mengalokasikan pendapatan tersebut ke dana darurat, nih. Dengan begitu, saat ada keperluan yang mendadak, dana darurat bisa digunakan.

"Sebenarnya ketika Bunda punya pendapatan yang lebih besar dari suami, Bunda bisa mengalokasikan pendapatannya ke dana yang stand by, atau dana darurat, atau dana cadangan yang sewaktu-waktu apabila dibutuhkan itu bisa digunakan," ucap Putri.

4. Kebutuhan tersier

Selama hidup, Bunda tentu memerlukan kebutuhan tersier seperti berlibur. Baik berlibur seorang diri atau bersama keluarga, gaji yang Bunda dapatkan bisa dialokasikan ke dalam kebutuhan tersier ini, Bunda.


"Misalnya ada keperluan yang sifatnya tersier dan di luar perencanaan keuangan misalnya liburan. Nah, liburan ini misalnya dana Bunda lebih ready daripada Ayah. Dengan izin Bunda, Bunda juga bisa mengalokasikan untuk menambah alokasi biaya liburan dan itu sah-sah saja," tutur Putri.

5. Investasi

Bunda juga bisa mengalokasikan pendapatan Bunda untuk investasi secara berkala, nih. Menurut Putri, mengalokasikan gaji ke dalam sebuah investasi juga merupakan keputusan yang tepat.

"Banyak cara yang bisa digunakan (mengalokasikan gaji yang lebih besar dari suami). Bisa juga ditambah untuk alokasi investasi dan sebagainya."

(mua/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!