sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Menabung Saat Gaji Pas-pasan agar Bisa Beli Rumah atau Kendaraan Pribadi

Mutiara Putri Rabu, 24 Nov 2021 16:07 WIB
Ilustrasi rumah baru Ilustrasi Tips Menabung untuk Beli Rumah atau Kendaraan/Foto: iStock
Jakarta -

Setiap orang pasti memiliki impian untuk membeli rumah atau kendaraan pribadi, Bunda. Namun, gaji kecil yang Bunda atau suami miliki rasanya tidak memungkinkan untuk menabung demi mendapatkan hal itu, ya?

Menabung adalah kegiatan menyisihkan uang atau pendapatan dalam berbagai bentuk, Bunda. Kegiatan menabung sendiri sangat baik kalau disadari sedini mungkin, lho. Dengan begitu, ketika berkeluarga, Bunda hanya tinggal mengikuti arusnya saja.

Hal ini juga diungkapkan oleh Eka Rahayu, wanita yang berprofesi sebagai admin di Women's Learning Community, Eka Rahayu. Ia mengatakan kalau menabung memang bisa dimulai kapan saja, Bunda. Meski begitu, lebih baik dilakukan sejak sebelum menikah.


"Kalau ditanya mulai (menabung) sejak kapan, ya sedini mungkin. Syukur sebelum menikah sudah melek menabung, jadi saat sudah menikah sudah gampang ngikutin arusnya," paparnya pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Eka juga menjelaskan kalau menabung bisa dalam bentuk apa saja, lho. Namun, Bunda bisa sesuaikan dengan target yang ingin dicapai.

"Misal targetnya kurang dari 3 tahun saya pribadi lebih (menyarankan) nabung di bank. Jika target itu lebih dari 3 tahun, saya (sarankan) nabung dalam bentuk emas logam mulia," ungkap wanita pemilik akun Instagram @mamak_naziha yang kerap berbagi tips manajemen keluarga dan keuangan.

Banner Tren Diet Kpop

Dalam menyusun perencanaan keuangan, ada beberapa pos yang menurut Eka perlu Bunda perhatikan, nih. Persentase dari setiap pos juga berbeda dan pastikan tidak tertukar, ya.

"Pos kebutuhan sehari-hari sekitar 50 persen. Buat makan, belanja bulanan, bayar listrik, dan lain-lain. Pos sosial dan hiburan 10 persen. Pos utang (kalau ada) maksimal 30 persen. Pos menabung 10 persen dari penghasilan. Kalau tidak ada utang, pos menabung bisa ditambahkan," jelasnya.

Tips menabung dengan gaji kecil

Seperti yang Bunda tahu, gaji kecil membuat seseorang kebingungan untuk menabung demi bisa membeli barang yang mereka inginkan. Namun, Eka membagikan beberapa tips yang bisa Bunda ikuti, nih.

1. Buat daftar pengeluaran

Bunda mungkin ingin punya rumah atau kendaraan pribadi milik sendiri, ya? Karena itu, perencanaan keuangan setiap bulannya harus sesuai. Menurut Eka, membuat daftar pengeluaran wajib bisa membantu, nih.

"Buat list pengeluaran wajib setiap bulannya apa saja," jelasnya.

Bunda masih penasaran dengan tips yang lainnya? Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, lihat juga video adik Vanessa Angel bantah tudingan pakai uang duka berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BUAT TARGET MENABUNG HINGGA CARI PENGHASILAN TAMBAHAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!