sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menanam Tanaman Serai di Pot, Ini yang Perlu Diperhatikan

Kinan   |   Haibunda Selasa, 11 Jan 2022 04:00 WIB
8 Cara Mengusir Lalat secara Alami, Pakai Serai dan Kulit Jeruk caption

Serai menjadi salah satu jenis tanaman beraroma khas yang sering dipakai menjadi bumbu dapur. Tanaman ini asli daerah tropis, sehingga membutuhkan pengaturan yang tepat agar dapat tumbuh dengan baik.

Beberapa di antaranya yakni mengatur bentuk dan ukuran pot, pencahayaan, penyiraman, serta kelembapan tanah. Jika tidak diperhatikan dengan tepat, dikhawatirkan serai di pot sulit tumbuh dengan baik.

Bunda dapat mulai menanam batang serai ke dalam pot kecil, yang berisi media tanam seperti tanah. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya dan jangan sampai terlalu basah. 


Apa lagi hal-hal yang perlu diperhatikan saat menanam serai di pot? Berikut ulasannya:

1. Memilih batang serai untuk stek

Lakukan stek batang dengan memilih yang kualitasnya masih baik. Pilih batang serai dengan bagian tengah berwarna hijau dan umbinya masih menempel.

Isi wadah kaca dan masukkan umbi batang serai ke dalam air. Biarkan terendam selama beberapa pekan sampai akar baru mulai tumbuh. Pastikan Bunda sering mengganti airnya, ya.

Dikutip dari Gardener's Path, umbi siap dimasukkan ke dalam pot setelah akarnya mencapai panjang sekitar 1,0 hingga 2 inci (2,5 hingga 5 cm).

Isi pot dengan campuran tanah dan sedikit air. Pastikan pot memiliki beberapa lubang drainase dan ukurannya cukup besar untuk memungkinkan tanaman serai bertumbuh setelah ditanam.

Banner 7 Meja Makan Terbaik

2. Atur pencahayaan

Serai dikenal sangat kuat dan mudah tumbuh, selama berada di iklim yang tepat. Tanaman ini berasal dari iklim tropis yang hangat, sehingga ia akan tumbuh subur di lokasi yang cerah. 

Bunda sebenarnya dapat menyimpan serai di dalam ruangan, tetapi tanaman ini bisa lebih subur ketika dibiarkan tumbuh di luar ruangan (dengan paparan sinar matahari setidaknya 6-8 jam per hari).

Maka dari itu, atur posisi pot agar rutin terpapar sinar matahari setiap harinya, Bunda.

3. Tidak perlu disiram berlebihan

Pastikan tanah di dalam pot tetap lembap untuk menjaga pertumbuhannya. Tidak perlu disiram terus-terusan sampai luber, ya. 

Cukup sirami hanya di pagi atau sore hari. Agar penyerapan air lebih maksimal, hindari menyirami bagian batang dan daun, tetapi langsung ke tanah. Demikian dikutip dari SF Gate.

Coba juga menanam seledri di rumah Bun, simak video berikut ya:

[Gambas:Video Haibunda]



PENGGUNAAN TANAH DAN RUTIN PANEN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!