sign up SIGN UP search


moms-life

Kisah Mualaf Giovanni Tobing, Niat Awal Pindah Agama karena Ingin Nikah

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 11 Jan 2022 19:52 WIB
Giovanni Tobing caption
Jakarta -

Aktor Giovanni Tobing sudah menjadi mualaf semenjak menikahi Dewi Ariani tahun 2010 lalu. Niatnya untuk pindah agama ternyata hanya karena ingin mempersunting wanita pujaannya, Bunda.

Sebelum menikah, Giovanni Tobing mengaku bukan tipe pemuda yang religius. Ayah tiga anak ini tidak pernah fokus pada urusan agama, sehingga dia tidak terlalu masalah untuk jadi mualaf demi menikahi Dewi.

"Gue yang dulu sebenarnya enggak concern sama agama. Cuma karena nikah harus serius, gue tanya dahulu, 'Apakah gue nikahin anak lo ini bisa beda agama kah, dia bisa ke Kristen, atau apa gue harus ke muslim? Jawaban bapak dan mamanya Dewi mengarahkannya sama-sama muslim. Jadi, gue yang pindah. Gue punya opsi-opsi ini enggak masalah," kata Giovanni, dikutip dari YouTube CERITA UNTUNGS, Selasa (11/1/22).


Giovanni secara resmi menjadi mualaf saat membaca syahadat di akad nikah. Setelah menikah, Giovanni mengaku belum sepenuhnya menjalani kewajiban sebagai muslim. Pria 37 tahun ini menganggap keputusannya menjadi mualaf hanya sebatas syarat untuk bisa menikah, Bunda.

"Gue bukan seorang pemuda yang religius lah. Jadi, gue menganggap awalnya masuk Islam sebagai akses untuk menikahi dia. Biar sah," ujarnya.

Banner 7 Meja Makan Terbaik

Meski baru menjadi mualaf sejak menikah, Giovanni Tobing tak asing dengan ibadah di Islam. Ia pernah tinggal bersama keluarga ibu sambungnya yang mayoritas muslim, Bunda.

Sejak kecil, Giovanni bahkan sudah ikut berpuasa di bulan Ramadhan. Kebiasaan ini pun terus dijalaninya sampai resmi memeluk agama Islam.

"Jadi memang keluarga gue itu multireligion. Jadi ibu sambung gue tadinya muslim, terus jadi Kristen ikut bokap. Tapi keluarga eyang gue muslim semua. Waktu tinggal di Bandung sama mereka, gue kelas 2 atau 3 SD, ya mereka salat dan puasa seperti biasa. Gue mulai nemuin tuh, untuk puasa karena serumah puasa. Pulang sekolah enggak ada makanan, begitu mau magrib semua makanan ada. Jadi gue menganggap seru nih puasa," ungkapnya.

"Gue mulai puasa kelas 2 atau 3 SD karena lingkungan sudah di situ. Dari kelas 3 SD itu sampai gue mualaf dan Ramadhan tahun lalu, alhamdulillah enggak pernah bolong. Itu kayak habit yang gue lakuin bertahun-tahun, kalau gue enggak lakuin kayak ada yang salah."

Berbeda untuk urusan salat, Giovanni belum memulainya meski telah menikah dan menjadi mualaf. Sang istri tidak pernah memaksakannya untuk menjadi imam, tapi lebih sering memberikan contoh langsung, Bunda.

Lalu apa yang membuat Giovanni jauh dari agama bahkan sebelum menjadi mualaf? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga kisah cinta Nadia Vega bertemu suami bule hingga jadi mualaf, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ALASAN PERNAH TAK RELIGIUS SEBELUM JADI MUALAF
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!