sign up SIGN UP search


moms-life

4 Tips Supaya Nasi Tidak Cepat Lembek dan Mudah Basi di Rice Cooker

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 11:45 WIB
Cooked rice in a clay pot caption
Jakarta -

Bunda, rice cooker tentu menjadi benda yang wajib ada di dapur. Tak dapat dipungkiri, alat ini memang bisa mempermudah proses memasak nasi. Akan tetapi, rice cooker juga punya kekurangan.

Rice cooker punya kelemahan dalam hal penyimpanan nasi jangka panjang. Terlalu lama menyimpan nasi di dalam rice cooker dapat membuat teksturnya lembek, Bunda. Selain itu, nasi juga berpotensi menjadi bau dan lebih mudah basi.

Bunda pasti sedih ketika melihat nasi yang rusak. Selain mubazir karena membuang-buang makanan, Bunda juga lebih boros dalam memakai beras. Untuk mencegah ini terjadi ternyata bisa dilakukan sejak dari awal persiapan memasak nasi, lho.


Adapun tips lengkap agar nasi tidak basi di rice cooker bisa Bunda lakukan empat tahapan berikut ini:

1. Cuci beras sampai bersih

Dikutip dari Endeus TV, bakteri dan kotoran yang ada pada beras yang tidak dicuci bersih dapat menjadi salah satu penyebab mengapa nasi yang dimasak di rice cooker menjadi lebih cepat basi. Oleh karena itu, pastikan beras dicuci hingga bersih, sehingga aman saat dikonsumsi.

Banner 7 Meja Makan TerbaikBanner 7 Meja Makan Terbaik/ Foto: HaiBunda/Mia

2. Jumlah air yang tepat
Jika air yang digunakan terlalu banyak, maka akan menyebabkan nasi menjadi terlalu lembek dan cepat basi. Begitu pula ketika airnya kurang, maka nasi menjadi terlalu kering dan keras.

select focus cooked rice in ladle hand held scoop from potselect focus cooked rice in ladle hand held scoop from pot/ Foto: Getty Images/iStockphoto/wachira aekwiraphong

3. Tambahkan lemon

Setelah dicuci, teteskan air perasan jeruk lemon ke dalam beras untuk membunuh sisa bakteri yang mungkin masih ada. Jangan khawatir dengan rasa asamnya, Bun karena ia akan menghilang ketika melalui proses pemasakan.

Hal ini juga bertujuan agar tekstur pada nasi menjadi semakin lembut dan warna nasi pun menjadi lebih putih. Kesegaran alami yang terkandung dalam jeruk dapat membuat nasi tetap awet saat disimpan seharian dalam rice cooker.

4. Masak untuk dimakan saat itu
Masaklah nasi di pagi hari untuk sarapan pagi. Jika nasi di pagi hari sudah habis, sebaiknya masak lagi di siang hari.

Meskipun dirasa merepotkan, cara ini sangat efektif agar nasi tidak mudah basi, cepat berubah warna menjadi kuning, dan bahkan mengering atau mengeras. Metode ini juga agar nasi lebih fresh dan enak ketika ketika dinikmati.

[Gambas:Video Haibunda]

(anm/pri)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!