sign up SIGN UP search


moms-life

Pemerintah Rancang Tol Solo-Yogyakarta, Akses Cepat Cuma 20 Menit

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 14 Jan 2022 10:53 WIB
Ilustrasi jalan Ilustrasi/ Foto: Getty Images/PPAMPicture
Jakarta -

Ada kabar baik untuk Bunda yang berdomisili di Solo dan Yogyakarta, nih. Waktu tempuh antar kota yang tadinya 1,5 jam akan terpangkas menjadi 20 menit pada 2023 mendatang melaluiĀ jalan tol.

Saat ini pemerintah tengah menggarap proyek tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo ruas Kartosuro-Purwomartani 42,38 km. Hal ini tentunya hanya dapat terwujud di tahun depan apabila konstruksi seksi 1 rampung sesuai target, ya.

Berdasarkan keterangan resmi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Rabu (12/1/2022) kemarin, seksi 1 ruas Kartosuro-Purwomartani 42,38 km saat ini masih berada dalam tahap konstruksi. Pencapaian proyek tersebut saat ini berada di angka 17,88 persen.


Pemerintah menargetkan seksi 1 ruas Kartosuro-Purwomartani 42,38 km harus sudah dapat beroperasi pada kuartal III tahun depan, Bunda. Sudah tidak sabar ya?

Akan tetapi, Bunda masih harus bersabar nih. Pembangunan jalan tol memang biasa memakan waktu yang cukup panjang ya, Bunda. Apalagi untuk rute Solo-Yogyakarta yang mencapai lebih dari 60 kilometer. Namun nantinya, Bunda akan bisa mempersingkat waktu tempuh apabila proyek tol berhasil terlaksana.

Banner Tanaman Hias dengan Hidroponik

Pemerintah telah merancang jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo dengan total panjang 96,57 kilometer. Tol ini nantinya akan memiliki tiga seksi, Bunda.

Tol tersebut juga melintasi dua provinsi di Jawa Tengah sepanjang 35,64 km dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 60,93 km. Nilai investasinya tercatat mencapai Rp26,63 triliun.

Harapannya, kehadiran jalan tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulon Progo dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah tersebut, Bunda.

Tak hanya itu, jalan tol ini juga diharapkan bisa mengembangkan wilayah yang dilalui jalan tol. Termasuk untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Seperti diketahui, Solo danĀ Yogyakarta merupakan rute yang cukup banyak dilalui oleh masyarakat. Tak hanya warga penduduk lokal, dua kota tersebut juga ramai disambangi oleh para wisatawan dari luar daerah.

Proyek jalan tol ini merupakan bagian dari Program Pembangunan Jalan Tol yang dicanangkan oleh Pemerintah untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Super Prioritas Borobudur.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI

(anm/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!