sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Alami Menghilangkan Keputihan, Agar Seks Nyaman dan Percaya Diri

Kinan   |   Haibunda Selasa, 08 Feb 2022 22:00 WIB
Young woman having painful stomachache with hands holding pressing her crotch lower abdomen. Medical or gynecological problems, healthcare concept caption

Keputihan menjadi salah satu masalah yang kerap membuat para wanita jadi tak percaya diri. Meski sebenarnya ini merupakan reaksi normal tubuh, namun dalam beberapa kondisi tertentu dapat membuat tak nyaman termasuk ketika berhubungan seks.

Misalnya jika jumlah, tekstur dan bau yang keluar dari cairan keputihan tampak tak normal. Kondisi ini dapat menandakan ada masalah dalam kesehatan atau kebersihan vagina, sehingga perlu dipantau lebih lanjut.

Baca Juga : Keputihan

Cairan keputihan yang keluar dengan tanda-tanda tersebut, kemudian disertai dengan rasa gatal atau perih saat buang air kecil juga perlu diwaspadai. Ini bisa menjadi pertanda infeksi.


Sebaliknya, cairan keputihan yang normal umumnya berwarna bening atau putih susu jernih. Teksturnya juga licin dan tidak berbau.

Bagaimana cara menghilangkan keputihan secara alami? Berikut ulasannya:

1. Konsumsi yoghurt

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy, kandungan probiotik pada yoghurt baik untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di vagina. Keberadaan bakteri baik di vagina sangat penting untuk menjaga kondisinya tetap sehat. 

Selain itu, konsumsi yoghurt juga dapat membantu meningkatkan mikrobioma usus. Bunda dapat coba mengonsumsi Greek yoghurt, pastikan pilih yang tidak mengandung tambahan pemanis dan perasa buatan, ya. 

Banner Trik Berburu Minyak Goreng

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah minyak lemak yang berasal dari daging buah kelapa. Minyak ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sifat antijamur.

Dikutip dari Healthline, studi menunjukkan bahwa minyak kelapa efektif melawan C. albicans yang dapat menjadi penyebab keputihan abnormal.

Untuk mengobati infeksi jamur vagina dan mengatasi keputihan abnormal, pastikan Bunda memilih minyak kelapa organik murni. 

3. Selalu menjaga kebersihan vagina

Menjaga kebersihan vagina menjadi langkah penting untuk mencegah dan mengatasi keputihan abnormal. Di antaranya dengan rutin membersihkan vagina menggunakan air hangat.

Selain itu, saat membilas usai buang air kecil/besar pastikan untuk melakukannya dari arah depan ke belakang. Bukan sebaliknya, ya. Arah yang keliru justru dapat membawa bakteri dari anus ke vagina.

Saat sedang haid, jangan lupa juga untuk rutin mengganti pembalut untuk menghindari kondisi lembap yang dapat memicu keputihan abnormal.

Sering-sering morning sex bikin awet muda, cek video ini untuk penjelasan selengkapnya:

[Gambas:Video Haibunda]



HINDARI PAKAI SABUN DAN WEWANGIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!