sign up SIGN UP search

moms-life

Bunda Bekerja, Ini 5 Trik Menyiapkan Makanan untuk Keluarga di Bulan Puasa

Sheila Permatasari   |   Haibunda Sabtu, 02 Apr 2022 19:30 WIB
Preparing healthy meals for the week. Vegan food and snacks in containers, gray background. Flat lay cooking food. caption
Jakarta -

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam yang juga merupakan salah satu bulan istimewa bagi umat Muslim ya, Bunda. Pada bulan ini, terdapat beberapa ibadah yang harus Bunda amalkan, salah satunya adalah puasa.

Bulan puasa bagi Bunda yang bekerja pasti menjadi salah satu tantangan tersendiri ya. Sebab, Bunda harus membagi waktu yang seimbang antara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah, ditambah waktu untuk melakukan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadan.

Termasuk menyiapkan kebutuhan makanan untuk keluarga di bulan puasa. Untuk itu, Bunda perlu tahu nih trik menyiapkan makanan selama bulan puasa untuk mempermudah pekerjaan rumah.


Dengan beberapa trik ini, pekerjaan memasak Bunda di waktu sahur dan berbuka akan lebih mudah dan praktis. Bunda juga tidak perlu khawatir dikejar waktu pekerjaan yang padat, karena dengan menyiapkan makanan untuk bulan puasa akan menghemat waktu Bunda, sehingga proses memasak pun lebih cepat.

Lalu, apa saja triknya ya, Bunda? Melansir dari berbagai sumber, berikut lima trik menyiapkan makanan untuk bulan puasa, terutama bagi Bunda yang bekerja. Simak selengkapnya yuk.

1. Buat Meal Plan

Agar Bunda tidak bingung menentukan menu masakan apa untuk sahur dan berbuka selama bulan Ramadan, Bunda bisa membuat meal plan setiap satu minggu sekali. Saat membuat meal plan, Bunda juga bisa sekaligus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu, sehingga akan lebih memudahkan Bunda ketika hendak memasak.

“Mempersiapkan Ramadan berarti membuat menu mingguan dengan rencana apa yang akan saya buat untuk buka puasa,” kata Amanda Saab, penulis dari Amanda’s Plate, seperti yang dikutip dari laman The Kitchn.

Banner Kode Janin LaparFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Supaya lebih mudah, Bunda bisa mengelompokkan bahan-bahan masakan sesuai dengan menu yang ingin di masak setiap harinya selama seminggu. Nah, jika Bunda tidak sempat memasak, Bunda juga tetap bisa menggunakan trik ini dan membaginya bersama asisten rumah tangga di rumah ya.

Jadi, meskipun bekerja, Bunda tetap bisa memastikan makan dan asupan untuk keluarga di rumah selama bulan puasa.

2. Terapkan Food Preparation

Setelah membuat meal plan, Bunda bisa belanja untuk kebutuhan makanan selama bulan puasa, lalu melakukan food preparation. Seperti misalnya, mengupas bawang merah dan bawang putih, mencuci dan memotong sayuran sebelum disimpan di dalam kulkas, atau membumbui tahu dengan garam.

Melakukan food preparation sederhana seperti ini akan sangat efisien bagi Bunda yang memiliki waktu terbatas karena pekerjaan. Selain dapat menghemat waktu, melakukan food preparation juga dapat mengurangi sampah sisa makanan yang suka menumpuk lho, Bunda. 

Baca di halaman selanjutnya untuk trik menyimpan makanan lainnya untuk bulan puasa yuk, Bunda.

Simak juga video resep sop ikan masak nanas hidangan berkuah untuk bulan puasa:

[Gambas:Video Haibunda]



TRIK MENYIAPKAN MAKANAN UNTUK BULAN PUASA LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!