sign up SIGN UP search


moms-life

Syarat Ibadah Haji Tahun 2022, Usia hingga Jenis Vaksin

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 11 Apr 2022 16:34 WIB
Mecca , Saudi Arabia , Oct/22/2020 - Pilgrims circle the Kaaba at Masjid al-Haram - umrah Fewer Muslims people socially distanced corona virus wearing face mask Covid 19 caption
Jakarta -

Akhir-akhir ini Indonesia mengalami penurunan positif COVID-19 yang signifikan, Bunda. Alhasil, ada banyak kegiatan yang mulai kembali seperti sedia kala, misalnya saja ibadah umrah dan haji.

Pada pertengahan tahun 2021 lalu, sebuah travel haji dan umrah bahkan membuka perjalanan umrah secara virtual. Hal ini pun sempat menuai pro dan kontra di masyarakat, Bunda.

Setelah ditelusuri, ternyata penawaran perjalanan umrah virtual yang dimaksudkan adalah kegiatan menyaksikan berbagai rangkaian praktik ibadah umrah. Kegiatan ini pun tidak mendapatkan pahala umrah.


"Tidak ada pahalanya. Kami tekankan sekali lagi bahwa ini bukan praktik ibadah umrah secara virtual, tetapi kita akan menyaksikan rangkaian perjalanan umrah sehingga akan menjadi edukasi dan simulasi bagi peserta yang ingin mengetahui proses perjalanan umrah." kata salah satu tim kreatif Travel Al Dawood Barokah Utama, Sufyan Aris Saputra, kepada detikcom.

Kini, kerinduan Bunda akan Tanah Suci akan segera terbayarkan. Pasalnya, pemerintah telah kembali membuka perjalanan ibadah umrah dan haji.

Pemerintah Arab Saudi juga telah kembali menyelenggarakan ibadah haji bari orang dari luar kerajaan, Bunda. Meski begitu, Arab Saudi hanya memberikan kuota sebanyak 1 juta jamaah lokal maupun luar negeri.

Pemerintah Indonesia sendiri telah memastikan bahwa calon jemaah haji Indonesia bisa berangkat. Namun, hingga saat ini, belum ada kepastian secara resmi berapa kuota haji untuk Indonesia.

Banner Anak Siti KDI Dibully

Syarat haji tahun 2022

Sebelum memutuskan untuk berangkat melaksanakan ibadah haji, Bunda perlu tahu terlebih dahulu syarat apa yang perlu Bunda penuhi, nih. Melihat dari akun resminya, Kementerian Haji dan Umrah merilis sejumlah persyaratan aturan haji tahun 2022 atau 1443H. Berikut ini deretannya:

  • Jemaah berusia di bawah 65 tahun
  • Jemaah sudah menerima vaksin utama Covid-19 yang diakui Kementerian Kesehatan Arab Saudi
  • Jemaah dari luar Arab Saudi wajib mengantongi hasil tes PCR negatif dengan sampel yang diambil dalam kurun waktu 72 jam sebelum keberangkatan.

Adapun dalam pernyataannya, Kementerian Haji dan Umrah menyebut bahwa sertifikat vaksin jemaah harus memuat data pribadi, nama vaksin, tanggal, dan nomor batch.

Bagi jemaah yang tidak memiliki kartu identitas nasional atau identitas penduduk karesidenan Arab Saudi dapat mendaftarkan vaksinasi secara elektronik.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!