sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Nikmati Hidangan Lebaran Tanpa Takut Terserang Hipertensi dan Diabetes

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 28 Apr 2022 09:22 WIB
Ilustrasi kumpul keluarga Lebaran caption
Jakarta -

Meski baru memasuki pekan ketiga Ramadan, suasana Hari Raya Idul Fitri sudah terasa nih, Bunda. Tak hanya itu, Bunda juga sudah tak sabar untuk menyantap hidangan khas lebaran, ya?

Ada banyak jenis hidangan yang menjadi favorit banyak orang saat Hari Raya Idul Fitri, Bunda. Misalnya saja rendang, semur, opor, dan sebagainya.


Kalau dilihat-lihat, hampir seluruh makanan yang dihidangkan saat Hari Raya Idul Fitri mengandung lemak dan kolesterol. Dengan kata lain, Bunda akan terkena berbagai macam penyakit jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Seorang Spesialis Gizi Klinik di RS Pondok Indah dan RS PELNI, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi., SpGK, menjelaskan bahwa ada penelitian yang menjelaskan bahwa banyak penyakit yang kerap terjadi pasca Lebaran, Bunda. Salah dua di antaranya adalah hipertensi dan diabetes.

Banner Tips Menggoreng Ikan

"Ternyata dalam waktu lima hari, mulai dari hari raya sampai lima hari ke depan, ternyata kunjungan pasien rawat jalan itu meningkat. Tetapi kasus yang rawat inapnya tidak terlalu banyak dibandingkan hari-hari biasanya," ungkapnya dalam acara Ngabuburit with OMRON: Solusi Gaya Hidup Sehat di Momen Istimewa, Rabu (20/4/2022).

"Nah, kalau dilihat, ternyata penyakit pasca Lebaran yang sering meningkat ada dua. Yakni diabetes dan hipertensi. Yang lainnya ada gangguan pencernaan misalnya diare, kemudian sakit perut, muntah-muntah," sambungnya kemudian.

Tips menikmati hidangan Lebaran

Juwita menjelaskan setidaknya ada lima tips yang bisa Bunda coba untuk menghindari hipertensi dan diabetes saat menyantap hidangan Lebaran. Berikut ini deretannya:

1. Nikmati secukupnya

Menurut Juwita, Bunda tidak boleh terlalu gegabah selama menyantap hidangan Lebaran, Bunda. Juwita menyarankan agar Bunda mengonsumsi hidangan berlemak dan berkolesterol tinggi secukupnya.

"Lebarannya itu dua hari. Seharusnya kita makan yang agak berlebihan ya di dua hari itu saja," katanya.

2. Sediakan sayur

Meski Bunda diperbolehkan untuk menyantap makanan secara berlebihan selama dua hari, Bunda tetap tidak boleh melupakan asupan serat dari sayuran, nih. Hal ini lantaran serat bisa membantu mengontrol kolesterol.

"Sayur itu bisa kita tambahkan sebagai pendamping, misalnya dijadikan lalap atau dijadikan acar sehingga akhirnya konsumsi serat kita dalam dua hari tersebut tetap ada," papar Juwita.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, simakĀ  juga video tanda diabetes berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENIKMATI HIDANGAN LEBARAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!