sign up SIGN UP search

moms-life

Skincare untuk Atasi Kulit Kusam dan Penyebab yang Harus Dihindari

Sheila Permatasari   |   Haibunda Rabu, 11 May 2022 06:30 WIB
Close up unhappy sad woman looking at red acne spots on chin in mirror, upset young female dissatisfied by unhealthy skin, touching, checking dry irritated face skin, skincare and treatment concept Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Memiliki wajah kusam tentu bukan hal yang diinginkan ya, Bunda. Tidak seperti masalah wajah lainnya seperti noda hitam, jerawat, dan garis-garis halus, kulit wajah yang kusam bisa sulit dikenali, Bunda. Namun, memiliki kulit yang kusam dapat menyebabkan Bunda terlihat lesu, lelah dan tidak sehat.

"Kulit kusam adalah istilah umum untuk kulit yang tidak terlihat sehat," kata Dr. Dhaval Bhanusali, seperti yang dikutip dari laman Byrdie. "Beberapa alasan termasuk tumpukan sel kulit mati, kotoran (seperti polusi), atau bahkan dehidrasi," lanjutnya.

Jika Bunda mengalami masalah kulit wajah yang kusam, tidak perlu khawatir ya. Karena Bunda bisa mengatasinya dengan menggunakan serangkaian produk skincare secara rutin. Selain itu, Bunda juga perlu menghindari penyebabnya.


Penasaran skincare apa yang dapat mengatasi kulit kusam, Bunda? Berikut telah dilansir dari berbagai sumber, skincare untuk atasi kulit kusam dan penyebab yang harus dihindari. Yuk simak selengkapnya, Bunda.

1. Pembersih wajah untuk empaskan kotoran di kulit

Cuci muka di pagi dan malam hari adalah tahapan penting dalam rangkaian skincare setiap hari. Udara yang tercemar mengandung sejumlah partikel kecil, seperti kotoran dan belerang dioksida, yang dapat menciptakan radikal bebas dan memberi efek kusam pada kulit.

Banner Penyebab Janin Menangis dalam Kandungan

Radikal bebas akan merusak kolagen sehingga menyebabkan kerutan serta merangsang produksi pigmen dari waktu ke waktu. Ketika warna dan tekstur kulit tidak merata, hal itu akan menyebarkan cahaya dan membuat kulit terlihat kusam, Bunda.

"Karena polusi menyebabkan peradangan dan dapat mengganggu penghalang kulit, penting untuk memilih pembersih muka dengan krim lembut yang membantu membangunnya kembali," kata Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, seperti yang dikutip dari laman Allure.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan face wash atau sabun cuci muka dengan sikat pembersih lebih efektif menghilangkan partikel nano polusi daripada pembersihan manual, Bunda.

2. Eksfoliator untuk meluruhkan sel kulit mati

Salah satu tahapan skincare yang penting dan kerap dilewatkan adalah melakukan eksfoliasi nih, Bunda. Padahal, menurut Hadley King, M.D., seorang dokter kulit di New York City, tahapan ini diperlukan sebagai proses untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang kering.

“Eksfoliasi adalah cara terbaik untuk menghaluskan permukaan kulit sehingga memantulkan cahaya dan tampak bercahaya atau cerah,” kata Senior Chemist GH Beauty Lab, Sabina Wizemann, dikutip dari laman Good House Keeping.

Terdapat beberapa pilihan untuk memasukkan produk eksfoliasi pada rutinitas skincare Bunda nih. Bunda bisa melakukan eksfoliasi secara lembut dengan waslap, menggunakan pembersih eksfoliasi atau scrub.

Jika menggunakan scrub, pastikan Bunda menggunakan produk lembut yang tidak akan menyebabkan trauma pada kulit ya. Bunda juga bisa menggunakan exfoliant kimia, seperti asam glikolat atau asam salisilat, tergantung pada jenis kulit Bunda.

Lakukan eksfoliasi kulit sebanyak dua sampai tiga kali seminggu ya, Bunda. Jika Bunda memiliki kulit sensitif, Bunda bisa menggunakannya seminggu sekali.

Dengan melakukan eksfoliasi secara teratur, Bunda secara konsisten mengelupas kulit mati dan membiarkan sel-sel kulit baru muncul ke permukaan kulit, yang merupakan langkah penting untuk mencapai kulit yang lebih cerah.

Baca di halaman selanjutnya untuk melihat skincare lainnya yang dapat mengatasi kulit kusam serta penyebab yang harus dihindari ya, Bunda.

Gunakan setidaknya produk basic skincare ini untuk merawat kulit agar tetap sehat ya, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



SKINCARE LAINNYA YANG DAPAT MENGATASI KULIT KUSAM SERTA PENYEBAB YANG HARUS DIHINDARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!