sign up SIGN UP search


moms-life

6 Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Warna Tak Mudah Pudar & Kusam

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 14 May 2022 11:05 WIB
Ilustrasi Suami Mencuci Pakaian Ilustrasi mencuci/ Foto: iStock
Jakarta -

Sedang hobi mengenakan pakaian berwarna hitam akhir-akhir ini, Bunda? Pakaian berwarna hitam memang terlihat simpel dan mudah dipadupadan ya, Bunda. 

Namun kekurangan pakaian dengan warna satu ini adalah mudah pudar dan gampang kusam. Biasanya hal ini disebabkan Bunda tak memahami cara mencuci pakaian warna hitam yang benar.

Oleh karena itu, untuk mempertahankan warna tersebut, pastikan Bunda mengikuti beberapa kiat mencuci pakaian berwarna hitam berikut.


1. Cuci pakaian hitam sesuai kebutuhan

Terlalu sering mencuci pakaian membuatnya mudah rusak, terutama pakaian berwarna hitam karena membuat warnanya terlihat tidak pekat seperti sebelumnya. Hindari mencuci pakaian hitam terlalu sering dan cucilah ketika perlu.

Misalnya saat memakai sweater atau celana, Bunda bisa memakainya empat hingga lima kali tergantung aktivitas. Sehingga tidak perlu terlalu sering dicuci, terkecuali jika pakaian berwarna hitam adalah pakaian dalam atau kaus setelah melewati hari yang penuh keringat.

2. Pisahkan pakaian warna hitam dengan warna lainnya

Sama halnya ketika Bunda mencuci pakaian berwarna putih, pakaian hitam juga membutuhkan perlakuan serupa. Pisahkan pakaian warna hitam dengan warna-warna lainnya agar tidak ada warna lain yang terserap pada pakaian hitam. Pisahkan pula berdasarkan berat dan bahan pakaian untuk mempermudah mencucinya.

3. Balik pakaian hitam saat mencuci dan menjemur

Jangan lupa pula, saat mencuci pakaian hitam, Bunda perlu membaliknya terlebih dahulu. Hal ini akan berguna untuk mengurangi pengikisan pada permukaan luar pakaian. Pada akhirnya serat luar pakaian tidak mudah rusak karena gesekan.

Begitu pula saat menjemurnya, karena sinar matahari bisa membuat pakaian hitam mudah pudar. Nah, ketika Bunda membaliknya terlebih dahulu, warna pada bagian luar pakaian akan lebih aman.

4. Cuci dengan air dingin dan detergen khusus

Mencuci pakaian hitam sebaiknya menggunakan air dingin demi menjaga warna pakaian tetap terlihat baru. Hindari mencuci menggunakan air hangat kecuali dalam kondisi tertentu karena air hangat bisa melunturkan warna pada pakaian bahkan membuatnya menyusut.

Begitu pula dengan pemilihan detergen. Ada banyak detergen yang ramah untuk pakaian berwarna gelap jadi Bunda hanya perlu menemukan detergen yang tepat untuk pakaian berwarna hitam.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!