sign up SIGN UP search


moms-life

11 Kiat Jitu Rawat Wajah Sehat & Glowing untuk Bunda Bercadar

Erika Dyah Fitriani   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 20:18 WIB
Perawatan wajah untuk wanita bercadar. Foto: dok. Glowmy
Jakarta -

Setiap orang, terutama kaum hawa, tentu ingin memiliki kulit wajah yang sehat terawat. Tak terkecuali juga bagi para wanita bercadar meski dalam keseharian wajah pun tertutupi oleh cadar.

Beberapa wanita yang menggunakan cadar terkadang khawatir dengan permasalahan kulit yang mungkin muncul. Jika Bunda merupakan salah satu wanita bercadar yang masih bingung dengan cara merawat kulit wajah, maka beberapa kiat jitu dari Glowmy berikut ini bisa jadi referensi untuk lebih mulai merawat wajah agar sehat dan glowing.

1. Gunakan Skincare Sebelum Merias Wajah


Salah satu langkah awal yang penting diperhatikan agar mendapatkan kulit wajah sehat dan glowing adalah memastikan kulit tidak kering. Apalagi, jika Bunda ingin merias wajah.

"Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit atau skincare dari Glowmy," kata Owner Glowmy, Yunita Triyana dalam keterangan tertulis, Jumat (13/5/2022).

Yunita mengungkap produk skincare dari Glowmy mampu memberikan perlindungan kesehatan kulit bagi mereka yang menggunakan cadar dalam kesehariannya. Glowmy juga memiliki produk yang berfungsi untuk meminimalisir tampilan pori-pori dan mengontrol sebum.

"Kandungan yang ada dalam produk tersebut mampu melembapkan dan mempersiapkan kulit sebelum riasan, dan melindungi kulit dari microorganism yang merugikan kulit. Untuk melembapkan kulit kamu bisa menggunakan sunscreen," jelasnya.

Ia mengingatkan untuk para Bunda yang bercadar untuk tidak menggunakan riasan wajah yang terlalu tebal. Sebaiknya, cukup menggunakan produk yang bisa menutupi noda di dalam wajah saja. Serta bisa menambahkan blush on di pipi, eyeshadow di kelopak mata, serta riasan bibir agar terlihat lebih segar.

2. Bersihkan Wajah Secara Menyeluruh

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat bagi wanita bercadar adalah dengan rajin membersihkan kulit wajah dari make up.

"Glowmy juga memiliki produk untuk mengangkat sisa make up atau kotoran yang tertinggal di wajah," papar Yunita.

Setelah sisa riasan terangkat, Bunda bisa melanjutkan perawatan dengan mencuci wajah dengan sabun khusus. Dengan hal ini, kulit wajah tak hanya bersih dan bebas kotoran. Tapi juga akan terlihat segar.

3. Rawat Wajah dengan Skincare Rutin

Setelah membersihkan wajah dari riasan dan mencuci wajah agar kulit menjadi segar, Bunda bisa menggunakan skincare rutin sebelum tidur untuk membuat kulit lebih glowing. Ada banyak produk Glowmy yang dapat menyehatkan kulit. Bunda bisa mencobanya dan menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulit wajah.

Sebaiknya, gunakan sunscreen untuk menjaga kulit wajah dari radiasi ultraviolet karena radiasi tersebut memiliki sifat karsinogenik. Sebagaimana diketahui, Sinar UV merupakan pemicu utama perubahan tekstur dan warna yang menjadi penyebab penuaan pada kulit.

Untuk itu, Bunda disarankan selalu menggunakan sunscreen berbasis mineral dengan SPF 30 atau lebih. Sebaiknya sunscreen digunakan setiap hari meski Bunda tak bepergian keluar rumah sekalipun agar menjadi kebiasaan setiap hari.

Penting juga bagi Bunda untuk memahami jenis kulit yang berbeda dari setiap orang agar dapat mengerti kebutuhan masing-masing. Sebab, jenis kulit kering, berminyak, atau kulit sensitif tentu membutuhkan perawatan kulit yang berbeda.

"Pada dasarnya ketika kulit wajah terawat dengan sehat, maka lapisan kulit berjaga melindungi tubuh, begitu juga dengan sebaliknya," ucap Yunita.

4. Konsumsi Vitamin C

Menjaga kesehatan kulit tak hanya bisa dilakukan dari perawatan produk luar saja, tapi juga bisa diimbangi dengan perawatan dari dalam tubuh. Salah satunya, dengan memperhatikan asupan setiap hari.

Untuk memiliki kulit sehat dan glowing, Bunda bisa mengonsumsi Vitamin C sebagai salah satu bahan dari negeri tropis terbaik untuk kulit wajah, sehat, dan bercahaya. Vitamin C mampu memberikan perlindungan pada semua jenis kulit untuk meratakan dan mencerahkan warna kulit. Selain itu, zat ini juga dapat mengurangi hiperpigmentasi. Mencerahkan warna kulit hingga mempromosikan produk kolagen dan elastin.

5. Eksfoliasi

Selanjutnya, Bunda perlu rutin melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati agar kulit lebih sehat dan tampak glowing. Lakukan perawatan tersebut setiap hari dengan pembersih asam atau toner yang melarutkan sel-sel kulit mati pada permukaan.

Perawatan wajah untuk wanita bercadar.Perawatan wajah untuk wanita bercadar./ Foto: dok. Glowmy

Proses ini tentunya sangat berguna agar kulit wajah sehat dan bersinar. Dengan menghapus lapisan kulit luar yang mati, Bunda bisa membuat tekstur kulit menjadi halus serta bantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit dan mencerahkan kulit.

6. Perhatikan Kesehatan Sistem Pencernaan

Salah satu hal yang menyebabkan kulit wajah tidak sehat adalah kesehatan sistem pencernaan. Untuk itu, Bunda juga perlu memperhatikan kesehatan usus untuk menjaga kesehatan kulit. Penelitian menunjukkan masalah usus berdampak pada masalah kulit, seperti jerawat dan eksim.

7. Konsumsi Lemak Sehat

Asupan makanan yang bergizi juga memiliki dampak terhadap kesehatan kulit. Dengan rutin mengonsumsi makanan mengandung lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji rami, dan alpukat, Bunda bisa bantu mengisi kembali kemampuan tubuh guna menciptakan sel yang sehat dan kuat.

Jika sel dalam tubuh sehat dan kuat, maka kulit Bunda akan memiliki kemampuan untuk memberi perlindungan terhadap polusi lingkungan dan mengembalikan lapisan penghalang kulit. Kurangnya konsumsi lemak sehat bisa menyebabkan kulit dan rambut menjadi kering dan kusam.

Selain itu, Bunda bisa menjaga kulit tetap lembap dan sehat dengan mengkonsumsi makanan seperti salmon, biji chia, minyak zaitun, hingga telur ayam.

8. Jaga Keseimbangan Mikrobiom Kulit

Menjaga keseimbangan mikrobiom sangat penting untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing. Serupa dengan usus, mikrobiom kulit yang seimbang mampu menjaga kulit secara maksimal. Bakteri mikroskopis akan menjaga kulit tetap terhidrasi, lentur, mencegah infeksi, dan mampu memberikan perlindungan dari sinar UV yang berbahaya.

Untuk dapat menjaga keseimbangan mikrobiom kulit, Bunda perlu menghindari penggunaan sabun atau scrub yang keras. Penggunaan produk yang salah justru dapat menghilangkan minyak esensial dan bakteri yang membentuk mikrobiom kulit. Untuk itu, sebaiknya Bunda menggunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan mikrobiom kulit, seperti yang mengandung pra dan probiotik.

9. Gunakan Produk Perawatan Kulit Segera Setelah Mandi

Untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan glowing, Bunda disarankan untuk menggunakan perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit setiap habis mandi. Salah satu komponen paling penting dari kulit adalah kelembapan, sehingga rutinitas dalam menjaga kulit tetap sehat harus dilakukan setelah mandi agar kulit lembap seketika.

10. Rutin Memijat Wajah

Treatment pemijatan pada wajah tak hanya memberi kesegaran pada bagian wajah. Namun juga mampu memperlancar peredaran darah di wajah. Selain memberikan rasa nyaman dan menyehatkan kulit, pemijatan wajah juga mengurangi ketegangan karena sirkulasi darah kembali lancar dan membantu menjaga sel kulit agar tetap sehat.

11. Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Asupan makanan bergizi tentu sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan memakan beberapa buah yang kaya akan antioksidan, kulit wajah Bunda dapat menyerap racun dari polusi pada lingkungan. Salah satu makanan kaya antioksidan yang mudah didapat adalah buah dan sayuran yang penuh warna.

Itulah beberapa tips dari Glowmy untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan bersinar. Untuk para Bunda bercadar, mari mulai perhatikan asupan makanan, perawatan, dan produk perawatan yang digunakan sehari-hari. Sebab hal ini punya peran penting untuk menjaga sel kulit tetap sehat serta membuat wajah glowing sempurna.

(prf)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!