sign up SIGN UP search


menyusui

5 Kandungan Skincare yang Dilarang untuk Busui, Bisa Alirkan Zat Kimia ke ASI Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 04 May 2022 11:35 WIB
Beautiful asian woman cleaning her face, using cotton pads and cleansing product, looking at mirror in bedroom. Young attractive korean lady using face toner and cotton pad, home interior, empty space caption

Jakarta - Pemakaian skincare saat hamil dan menyusui memang perlu berhati-hati ya, Bunda. Apalagi, ada komposisi yang mungkin berbahaya dan dapat berdampak pada bayi yang disusui. Nah, biar aman, cari tahu yuk, skincare yang dilarang untuk busui apa saja ya, Bunda.

Perawatan kulit bagi wanita memang sangat penting untuk menjaga keindahan aset yang dimilikinya. Meski demikian, saat menyusui berlangsung memang perlu selektif memilih skincare yang dipakai ya, Bunda. Termasuk dengan memperhatikan betul apa saja komposisi bahan yang ada di dalamnya.


"Perawatan kulit harian yang digunakan bumil dan ibu menyusui di tubuh mereka juga bisa berbahaya bagi bayinya. Ada sedikit yang perlu dikhawatirkan,"ujar Miriam Rotkin-Ellman, seorang ilmuwan senior dalam program kesehatan dan lingkungan NRDC, seperti dikutio dari laman Nrdc.

Secara umum, memang kulit memberikan pertahanan garis terdepan terhadap sebagian besar bahan kimia yang ditemui setiap harinya. Tetapi, beberapa memang ada yang masih menyelinap masuk. 

banner janin aktif di sebelah kiriJanin aktif di sebelah kiri/ Foto: haibunda.com/novita rizki

Faktanya, banyak skincare yang direkayasa untuk menembus lapisan kulit. Beberapa akhirnya bisa masuk ke aliran darah dan dari sana mencapai janin yang sedang berkembang atau masuk ke aliran ASI. 

"Kami tidak benar-benar tahu semua apa yang ada dalam produk, tetapi fakta bahwa mereka direkayasa untuk diserap ke dalam kulit dengan sengaja tentu membuat kekhawatiran," kata Jennifer Sass, seorang ilmuwan senior dalam program kesehatan Nrdc.

Young woman is looking into the mirror at morning 5 Kandungan Skincare yang Dilarang untuk Busui, Bisa Alirkan Zat Kimia ke ASI Bun/ Foto: Getty Images/iStockphoto/privetik

Untuk mengurangi paparan bahan kimia beracun, Bunda pun perlu membaca dengan cermat komposisi bahan di kemasan. Beralihlah ke produk kecantikan yang rendah kimia dan telah terbukti mengurangi kadar zat berbahaya tertentu dalam darah setelah tiga hari.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang 6 kandungan skincare yang tak aman untuk busui.

[Gambas:Video Haibunda]



APA SAJA KANDUNGAN SKINCARE YANG DILARANG UNTUK BUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!