sign up SIGN UP search


moms-life

Apa Love Language Bunda dan Suami? Cari Tahu Jawabannya di Sini Yuk!

tim haibunda   |   Haibunda Sabtu, 21 May 2022 16:05 WIB
Valentine's day. Couple gives heart to the Valentine's Day in the room. caption
Jakarta -

Love language atau 'bahasa cinta' adalah sebuah istilah yang pertama kali dipopulerkan oleh Dr Gary Chapman, Ph.D. Beliau adalah seorang konselor pernikahan senior yang telah terlibat langsung dalam konseling keluarga sejak awal kariernya.

Penjelasan lengkap tentang love language itu sendiri telah tertuang dalam buku The 5 Love Languages® yang pertama terbit tahun 1992, dan selama bertahun-tahun menduduki posisi best seller di berbagai penjuru dunia, Bunda. Teori love language ini bahkan masih relevan dan menolong banyak hubungan hingga kini.

Sebelum menulis buku tersebut, Dr Chapman menghabiskan bertahun-tahun mempelajari klien yang datang berkonsultasi padanya hingga menemukan pola dari semuanya. Ia menyadari celah yang kerap menciptakan kesalahpahaman antara para kliennya tersebut, Bunda.


Lebih lanjut, love language dalam teori Dr Chapman mendeskripsikan lima cara yang berbeda dalam mengekspresikan cinta terhadap pasangannya. Memahami bahasa cinta satu sama lain penting untuk membuat Bunda dan suami sama-sama merasa dicintai serta dihargai, lho.

Sebaliknya, perbedaan bahasa cinta bisa jadi malah memicu berbagai kesalahpahaman. Seperti apa sih 5 love language atau bahasa cinta yang dimaksud?

Banner 5 Tanda Melahirkan dalam Waktu Dekat

5 Love Language

Melansir dari 5lovelanguages.com, bahasa cinta yang dimaksud antara lain; acts of services, receiving gifts, quality time, words of affirmation, dan physical touch. Simak berikut ini penjelasan singkatnya, yuk.

1. Acts of services

Untuk bahasa cinta acts of services, seseorang akan merasa dicintai apabila pasangannya melakukan sesuatu yang manis untuknya, bahkan ketika itu hanya hal sepele. Misalnya saja, Bunda merasa senang jika suami memasak sesuatu untuk Bunda, membantu membawa tas Bunda ketika berjalan di mall, atau mencuci piring di rumah.

Seseorang dengan bahasa cinta acts of services akan merasa senang jika dibantu atau dilayani, dan akan dengan senang hati pula melakukannya untuk orang lain.

2. Receiving gifts

Seseorang dengan bahasa cinta receiving gifts akan merasa dicintai ketika menerima kado atau hadiah dari pasangannya. Tak perlu kado mahal atau mewah, bagi mereka, fakta bahwa pasangannya memikirkannya ketika menyiapkan kado tersebut adalah yang terpenting.

3. Quality time

Cinta yang diungkapkan oleh seseorang dengan bahasa cinta ini berbentuk perhatian, Bunda. Ia akan selalu meluangkan waktu untuk bersama pasangannya meski tengah dihimpit kesibukan. 

Ketika bersama, seseorang dengan bahasa cinta quality time juga akan meletakkan ponsel, mendengarkan, dan melakukan kontak mata demi 'hadir' secara penuh untuk pasangannya. 

4. Words of affirmations

Bunda pernah melihat orang yang suka 'mengumbar' kata cinta untuk pasangannya lewat kata-kata romantis atau tulisan? Itulah yang dimaksud dengan bahasa cinta 'words of affirmations' Bunda.

Seseorang yang mengekspresikan cintanya dengan kata-kata, juga akan merasakan dicintai dan dihargai jika pasangannya melakukan hal yang sama.

5. Physical touch

Bahasa cinta physical touch akan merasa dicintai melalui kontak fisik. Tak semata seks, Bunda. Menonton film di rumah sambil berpelukan pun akan membuatnya merasa istimewa, lho. Mereka butuh pasangannya dekat secara fisik.

Sekarang, kita cek yuk, apa sih love language Bunda? Ikuti tes di halaman berikutnya, ya.

Ricky Soebagdja dan Cica Andjani juga punya tips menjaga pernikahan tetap harmonis, simak di video berikut Bun:

[Gambas:Video Haibunda]



TES UNTUK MENGETAHUI LOVE LANGUAGE BUNDA DAN SUAMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!